Senin, 24 November 2014

Pelatnas 1 TOKI 2015 : First Week

Hue-hue, udah lama gak ngepost, padahal bulan lalu udah mau ngepost tentang Fenwick Tree, cuma karena beberapa pertimbangan jadinya dipostpone dulu ngeblogya :'v Kali ini saya mau cerita tentang minggu pertama dari sebulan penyiksaan pelatnas di Bandung, yang saya jalani sampai sabtu minggu lalu.

Seperti tahun lalu, konsekuensi dari dapet medali adalah undangan pelatnas. Karena saya orang yang males sekolah (dunno why), jadinya saya udah gak sabar buat pelatnas. Ada PJJ juga biasanya cepet-cepet saya kerjain, padahal kalo udah selesai otomatis saya jadi nambah nganggur lagi :/ Oiya, karena kerajinan juga saya yang bikin pembahasan PJJ-nya di grup TOKI 2015, yang mana grup itu juga dibikin akibat klarifikasi saya pas PJJ :v

Singkat cerita, tanggal 25 malam saya cabut ke Balikpapan lewat darat, supaya bisa ngejar flight ke Bandung besoknya. Btw, kayaknya ini pertama kalinya saya pergi ke luar kota dengan benar-benar sendiri (Achievement Unlocked \ :v / ). Pesawat saya transit dulu di Juanda, di mana saya sekilas ngeliat Agus, sama Wynne, tapi kayaknya mereka gak sadar ada saya :/ Pas udah di Bandung, Agus baru nyadar ada saya, terus ditawarin pergi bareng keluarganya sama Sergio ke Hotel Lotus, tempat tinggal selama sebulan kemaren. Oiya, Sal juga nelpon sebelumnya, walaupun gak jelas tujuannya apa.

Sampe di hotel, saya sama Agus sekamar, di kamar 310, yang ternyata kamarnya di ujung banget :/ Anyway, habis naruh beberapa barang, Saya, Agus, sama Salvian cabut ke minimarket, yang mana minimarket terdekat jaraknya aja 15 menitan jalan kaki disertai tanjakan yang ajigile :/ Tapi gak papa, paling gak udah ngestok makanan jadinya :p Malamnya ada perkenalan panitia sama peserta, sekalian bagiin barang-barang kayak buku pegangan, jadwal. Terus ada pemilihan ketua kelas, yang sialnya saya yang kepilih. Harusnya saya gak aktif-aktif banget pas PJJ T_T

Malam Perkenalan

Besoknya, kami dibawa dulu ke Wisma Kartini buat pembukaan resminya, di mana secara sukses saya tertidur di tengah acara :v Yang saya inget di sini dibilangin kalo OSN bakal dimajuin jadwalnya (sesuatu yang sampai sekarang guru sekolah saya tidak percayai). Habis itu, kami dibawa ke ITB untuk materi, sesuatu yang bakal berlangsung setiap harinya.

Minggu ini materinya :
  • Introduction to C++
  • Introduction to Linux
  • Complexity Analysis
  • Sorting, Searching
  • Basic Math
  • Gak-terlalu-basic Math
Soal latihannya juga lumayan, minggu ini saya belajar Radix sort, yang sampai sekarang menurut saya masih lucu. Selain itu, ada juga soal yang aslinya ada mathnya, saya kerjakan pake BFS karena stres :v Ada juga soal yang sampai sekarang saya tidak tau solusi resminya kayak gimana, cuma pake cara om turfa, yaitu bikin program untuk generate sesuatu :v

Jum'at, harusnya ada pengenalan C++11, cuma karena Kak Risan gak bisa datang, jadinya contest practice. Soalnya nyomot dari COCI 2010/2011 Round 3, kalo tertarik boleh dicoba, sedeng lah soalnya, kecuali MONO yang asdfghjkl. Tapi soal itu solusinya keren sih :s Siangnya, pas repeating, karena hoki, technically yang saya repeat cuma MONO :v

Sabtunya psikotes, yang notabene kayak tahun lalu. Nothing special, paling yang worth noting cuma pas dikasih 8 gambar, ada yang mau saya gambar doraemon, cuma karena "goresan celaka", harus saya selamatkan dengan konyol :v pas gambar pohon, saya gambar "pohon mangga dengan bentuk complete binary tree", padahal banyak gambar pohon yang lebih keren (Agus sendiri gambar bom atom kayaknya). Pas tes konsistensi yang dikasih kertas koran itu, daripada konsistensi, saya lebih kayak balapan sama Agus :p Tes wawancaranya lumayan enak, gak kena yang rese' kayak tahun lalu :v

Minggunya, seingat saya, saya cuma "bertindak seperti orang malas pada umumnya", jadi gak ada yang bisa diceritain :v

Sekian dulu postnya, kapan-kapan lagi ya :v
Categories: ,

0 komentar:

Posting Komentar