Rabu, 26 November 2014

Pelatnas 1 TOKI 2015 : Second Week

Kali ini, saya mau nyeritain tentang minggu kedua saya selama terperangkap sebulan di Bandung. Enjoy! :)

Setelah puas tidak melakukan apa-apa di hari minggu, saya kembali ke kenyataan kalau saya di sini untuk belajar. Minggu ini materinya :

  • Math (lagi)
  • Divide and Conquer & Meet in Middle
  • Harder DP & Greedy
  • DP Bitmask & Profile
Untuk soal mathnya, saya cuma bisa AC 2 dari 4 soal hari ini :( Hari ini saya kembali belajar bahwa constraint bisa memberi hint tentang cara yang diharapkan, dalam hal ini dipakai di PHP :p Selain itu, ada 1 soal yang rada nyebelin yang cuma saya sampahin, dan soal yang harusnya keluar besok, karena kudu pake DnC untuk perpangkatan matriks. Malamnya, karena tertarik dengan soal itu, saya coba kerjakan di hotel.

Untuk soal Dnc, ada soal klasik, Closest pair, sama perpangkatan matriks. Saya cukup terkejut melihat banyaknya teman yang bisa perpangkatan matriks, mengingat saya sendiri baru benar-benar bisa mengerti teknik itu saat Open Contest yang diselenggarakan ITS :') Ada juga kejadian lucu saat mengerjakan soal Meet in Middlenya. Awalnya, saat mencari upper bound jawaban untuk tiap n, laptop saya sampai ngehang 2 kali saat n = 9 ! Ternyata, ada yang harusnya long long saya tulis int :p Ketika saya jalankan lagi, ternyata "forever" saat n = 10, karena pusing, saya anggap upper boundnya sama dengan n = 9, yaitu 5, dan AC, tapi ternyata, kata MW, aslinya upper boundnya 6 :p Oiya, TC samplenya juga rada ngaco pas awal-awal, jadi saya bikin klarifikasi gaje :

Sabar ya

Untuk hari Harder, tidak ada yang terlalu menarik, kalau ada yang menarik, mungkin adalah adanya soal yang kurang deskripsi "-1", dan ada soal ad-hoc yang saya selesaikan dengan semi brute force karena malas mikir :p Malamnya, saya coba soal yang Ko Goz jelasin, IOI 2005 - Rivers, tapi pake LCRS. Untungnya sih AC. Tapi, paginya, pas saya coba submit ke SPOJ OI, kena TLE, jadi harus dioptimisasi lagi biar AC :'(

Hari selanjutnya, merupakan salah satu materi yang dilengserkan dari Pelatnas 2, yaitu DP Bitmask dan Profile. Ada soal yang langsung menarik mata saya. Soal Itu adalah soal DP Profile yang dijadikan latihan pas Pelatnas 2 saya dulu. Setelah ngerjain 2 soal yang lebih mudah, saya coba soal itu, dan hasilnya.. TLE dengan nilai 90. Akhirnya, saya optimisasi pakai queue biar AC.


 Setelah itu, ada soal APIO, yaitu Zoo. Saat mengerjakan, saya ngebug di mana-mana :'( Sampai akhirnya, saya mentok di nilai 60, dan assert saya keluar hal yang aneh, sampai saya klarifikasi. Tapi habis itu saya baca soal lagi, dan ternyata saya yang ketuker ._. Habis dibenerin, ternyata AC. Oiya, responnya jadi gini :

:'v

Besoknya, karena (lagi-lagi) Kak Risan belum datang, jadinya Contest Practice lagi, kali ini COCI 2008/2009 Round 5. Dari kontes ini saya belajar banyak hal :
  1. Jangan karena rasanya solusi suatu soal mudah, langsung ngoding. TRESNJA membantai waktu kontes saya dengan sukses.
  2. Gunakan sepenuh jiwa raga untuk memahami soal, seperti memahami JAGODA.
  3. Baca dulu semua soal untuk menyadari, 2 soal sisanya lebih mudah dari TRESNJA.
Melihat tulisan di atas, harusnya bisa ketebak lah kalau skor saya rada.. yah.. begitulah ._. Habis itu, pas repeating, saya habisin untuk ngerjain soal-soal yang belum saya AC-in minggu ini.

Sabtunya , kuis 1!Soalnya dominan DP, yang berarti saya diuntungkan :v
Untuk kontes ini, skor saya 50 - 100 - 100 - 70. Entah kenapa, untuk P4, solusi saya dapat TC kecil dan besar, tapi gak dapet yang ditengah-tengah :/ Kalo P1 sih keknya saya emang no hope :v

Minggunya kami ada kegiatan yang intinya kayak main tapi ada dasar baiknya, gimana jelasinnya ya ._. Kami main di.. mana ya.. pokoknya deket parkiran di tempat olahraganya ITB :v Lumayan asik sih, saya jadi bisa sedikit lebih mengenal anak-anak TOKI tahun ini yang lebih bejat dari tahun lalu :v Pembagian kelompoknya juga rada lucu, Prabowo berada di kelompok 1 :v dan jadilah yel-yel yang rada janggal di kelompok satu :

"Siapa kita?" "Nomor satu!"
"Siapa lawan kita?" "Nomor dua!"
"Siapa nomor dua?" "Lawan kita!"

Saya ada di kelompok 2. Gimana yel-yel saya? Jangan tanya deh, intinya saya dizalimi kelompok saya sendiri..

Sekian dulu postnya, kapan-kapan lagi ya :v
Categories: ,

0 komentar:

Posting Komentar