Jumat, 13 Desember 2013

My Journey in Competitive Programming (Part II)

Oke, post ini melanjutkan postingan pertama saya (dapat dilihat di sini) dan bakal membahas kehidupan saya di masa-masa menjelang OSP (Olimpiade Sains Propinsi). Btw, kenapa sekarang saya menggunakan "saya" dan bukan "gw"? karena tiba-tiba terbersit rencana untuk bikin blog ini jadi media sharing beberapa teknik CP (Competitive Programming) yang saya tau, dan tentunya akan lebih enak dibaca kalau saya menggunakan kata ganti seperti "saya" (bingung? saya juga..). Dan oiya, post timeline menjelang OSP ini akan saya bagi 2, dikarenakan ceritanya  yang pasti panjang sekali kalo saya yang nulis :p

Anyway, saya inget kalau gak salah setelah OSK, ada jeda waktu santai sekitar seminggu, di mana tim pengoreksinya memeriksa berkas-berkas OSK.Jujur, walaupun saya agak sering ikut lomba, saya tetep deg-degan sama masalah ginian.Tapi yaudah, karena saya emang orangnya sering masa bodo, jadinya saya gak terlalu mikir lagi :p Terus tiba-tiba, sekitar seminggu kemudian, pas saya lagi Sholat Ashar (dikira saya gak sholat ya? :p) mama saya tiba-tiba ditelpon Bu Ira (guru sosiologi, sekaligus ibu dari kakak kelas saya,Wisnu, yang ikut OSN matik dan udah kayak partner saya di lomba matik), terus selesai sholat mama saya bilang kalo saya lolos OSK dengan Rank 1! Terang aja saya seneng banget, karena bisa berkompetisi di OSP :D tapi sayangnya, yang lolos di bidang komputer dari SMA Vidatra cuma saya, yaah gak ada temen dong :( Dari angkatan saya, yang lolos Saya (komputer), sama Oktara(Biologi), sisanya kakak kelas saya semua.

Habis itu, saya sering latian soal-soal OSP, dan sedikit mendalami coding. Saya inget, saya pernah nekat ngerjain salah satu soal di tokilearning, nama soalnya Angka 2 (OSN 2008) dan jujur, saya pas itu mikir keras buat soal itu selama 2 hari! setelah ngutak-ngatik agak lama, barulah saya mencoba apa yang bisa kita kenal "rekursi", dan sejujurnya, itu program dengan rekursi pertama yang saya kerjakan! Tentunya bisa kebayang betapa bangganya saya waktu itu (walaupun temen saya gak ada yang ngerti, hiks)

Selang beberapa minggu, saya dapet berita kalau yang lolos OSK di Bontang bakal dapet pelatihan di UGM selama 2 minggu! Gile, banyak juga bonusnya ikut tahun ini :p tapi, karena perginya itu juga pas lagi ulsem, jadinya apa daya kami harus ulsem duluan :( temen-temen saya sih bilangnya "enaknya, bisa nyontek, paling guru juga percaya sama kamu" but b*tch please, nyontek hanya buat orang lemah, kecuali biologi, semua lemah di biologi. (tapi tenang, pas bio, saya sama temen saya gak ngerti kok, walaupun dia ikut OSN bio :p)

Karena seperti yang saya bilang, post masa-masa menjelang OSP ini bakal saya pecah jadi 2 biar enak nulisnya, jadi post ini berakhir sampe sini, tunggu saya niat nulis lagi ye :v
Categories: ,

0 komentar:

Posting Komentar