Sabtu, 07 Desember 2013

My Journey in Competitive Programming

Lama gak ngeblog, sampe-sampe ini blog bisa saya bilang sakaratul maut -_- oke, jadi sekarang, saya mau sedikit sharing pengalaman saya selama setahun ini, yang sesuai judul, bakal nyangkut banget sm hal yang ngubah hidup saya (lebay? IDGAF :p), yaitu competitive programming



Apa itu Competitive Programming?

noh -_-

Okay, kembali ke topik. kalo dideskripsikan, saya ini orangnya rada kompetitif, atau bahasa simplenya gak mau kalah. kalo orang lain bisa dalam 2 hari, sata harus bisa dalam sehari. kalo orang lain kentutnya bau, saya harus lebih bau. pengecualian kalo berhubungan dengan seni, saya gak bisa seni.

Jadi gini, tiap tahun ada yang namanya OSN, atau Olimpiade Sains Nasional, yang untuk di SMA itu sampe ada 9 bidang. tahun lalu di sekolah, saya ikut seleksi bidang matik sama komputer. pas seleksi matik masih oke-oke aja (saya ada dikit basic matik), nah pas komputer ini, kan soalnya tentang logika dan pseudopascal  (pseudo:menyerupai) , logika sih gampang aja, masalahnya dan banyak command di pascal yang  saya belum pelajari (saya cuma tau cara baca input sama output pascal doang), jadinya ada beberapa yang saya tebak-tebak gunanya apa.Selang seminggu, hasilnya bisa diketahui secara "illegal" dengan nanya guru yang bersangkutan. Intinya, saya lolos seleksi bidang matik maupun komputer. Nah ini saya galau, mau ikut komputer atau matik, masalahnya saya belum tau banyak tentang OSN komputer, tapi kayaknya asik, sedangkan saya dulu pas SMP ikutnya OSN matik (tapi yaa karena kurang imba, saya gak dapet medali). Setelah mikir rada lama (semingguan), akhirnya saya putusin saya mau nyoba ikut komputer, dan kalopun misalnya saya gagal toh gak sia-sia, namanya juga nyoba sesuatu yang baru :) saya inget saya laporin itu ke guru saya pas ada acara tumpengan, agenda tahunan di sekolah saya.

Setelah itu ngapain? ya saya latihan sendiri, cari soal dari internet, kerjain (bahkans aya gak tau bener apa nggak, yang penting kerjain). Habis itu, saya tau ada yang namanya tokilearning , sarana latihan coding buat orang Indonesia, jadinya ya saya join, nyoba ngerjain training gatenya, dan karena saya cupu dulu, bab 1C aja gak tembus-tembus :p singkatnya, sekitar bulan maret atau april (lupa), diadakan OSK atau Olimpiade sains kota, di mana di kota saya, harus setidaknya juara 3 untuk bisa ikut OSP atau Olimpiade sains provinsi. Pas itu lombanya diadain di SMK 2 Bontang, dan saya inget hari itu rada panas. Jadi ya intinya saya ngerjain soal-soal itu sebisa saya, oiya btw soal bisa dilihat di sini.

Gimana kelanjutannya? tunggu saya bikin part 2, berhubung saya gak biasa nulis seabrek sekali jalan :p
Categories: ,

0 komentar:

Posting Komentar