Selasa, 04 Desember 2018

ICPC Regional Jakarta 2018

Udah tahu aslinya mau nulis kayak gimana, cuma entah kenapa numbuhin niatnya susah >.< Karena udah lewat sekitar sebulan, mungkin ada beberapa yang kurang akurat, maapkeun >.<

Jadi ya.. sesuai judulnya blog ini bakal bicarain tentang ICPC Regional Jakarta 2018 kemarin. Aku ikut dalam tim Supir Tayo, sama Inigo dan Degol. Dengan strategi "tanpa-strategi", kenekatan, dan hoki, kami kemarin bisa perform yang menurutku lumayan bagus di ICPC Regional Jakarta 2018. Biar gak pake lama, langsung ke acaranya aja.

Day 1 - Practice Session


Berhubung tidak ada demo seperti pas 2016 (yey), jadinya ICPC Reg. Jakarta tahun ini bisa berjalan sebagaimana mestinya. Di hari pertama bakal ada pembukaan sama pemanasan. Malam sebelumnya, entah kenapa aku susah tidur, jadinya sekalian nunggu sampe tengah malam buat nonton To Aru. Untungnya bisa bangun pagi buat berangkat dari Fasilkom rame-rame, sekitar jam 6.30 cabut dari Fasilkom. Di jalan aku sama Anab main Rayman Legends, Alhamdulillah gak muntah-muntah karena motion sickness. Perjalanan ke Binus-nya lumayan lancar.

Sesampainya di sana, dijemput sama LO-LOnya. LO kami sama tim Stoqi biasa dipanggilnya Doski, untungnya orangnya lumayan friendly untuk orang-orang pendiam macam kami. registrasi (yang sudah modern pakai QR-Code) terus ganti baju. Bajunya ijo, terus di bajunya kayak ada maskotnya. Setelahnya, kami ngantre buat foto tim. For the sake of the joke, aku sama Degol masing-masing udah beli 1 boneka tayo. Awalnya Degol mau beli yang warna ijo, cuma habis, jadinya dia beli yang warna biru kayak punyaku. Di fotonya maksudku biar keliatan kayak nyetir, cuma kayaknya keliatan rada aneh.

Supir Tayo, siap nabrak
Sumber: laman ICPC Regional Jakarta
Habis itu sarapan, sekalian ngobrol-ngobrol sama beberapa orang. Lumyan seru ngobrol-ngobrol sama Ammar, Pak Auzi, dsb. Mumpung ada Prabowo juga, sekalian foto #Prabayar.
#Prabayar dan timsesnya yang dikirim ke Yangon
Setelah sarapan, ada 
  • Pembukaan (yang aku gak terlalu perhatiin), 
  • Talk dari Traveloka (yang aku malah galau enaknya merhatiin apa main), 
  • Ngenalin tim-tim yang ikut (dih, Ayas)
  • Briefing dari Irvin (tentu saja tidak diperhatikan) 
Kinda unrelated, but I think I need to explain the whole "Ayas" fiasco, berhubung kayaknya banyak yang salah nangkap. Kalau nanya yang pertama kali bikin nama "Semoga Ayas Juara" (Firman), dia pasti bilangnya "Ayas" itu "Saya" dibalik, dan gak ada hubungannya dengan "Ayaz" (yang dibaca seperti "Ayas"). Walaupun aku gak terlalu percaya, tapi aku udah terlalu malas untuk ngurusin dan akhirnya percaya-percaya aja. Jadi, kalau ada yang merasa tertipu, tolong marahnya ke Firman aja ya. Kalo dari sudut pandangku, sekalipun aku (menganggap diriku) percaya, aku tetap risih ngeliat tulisan "Ayas", karena orang biasa salah nulis namaku jadi Ayas, and I don't like it (Salah satu alasan kenapa aku prefer dipanggil ayaze, simply karena "z"-nya tetep dibaca sebagai "z".) Anjir satu paragraf cuma bahas "Ayas".

Habis acara-acara itu, aku sama Anab beli beberapa buku CP 3 untuk keperluan Ristek. Setelahnya, kami pergi ke tempat makan buat makan siang. Btw, emang ICPC Reg. Jakarta ini acara penggemukan pesertanya kok. Habis makan-makan, sholat, dan ngobrol-ngobrol, akhirnya masuk ke sesi practice session. Practice session pakai soal-soal tahun lalu yang gak terlalu susah, jadi selesainya gak terlalu lama. Yang aku cek awalnya klarifikasi, kalo gak salah semacam:

"Tolong balas klarifikasi ini dengan "Hei Tayo" :')"

Terus panitianya bales klarifikasi itu dengan lirik opening Tayo dalam bahasa Indonesia. Mantap. Padahal maksudku cuma pengen dibales "Hei Tayo" doang :")

Aku sama Degol udah males ngecekin TL dan stack size, sementara Inigo memutuskan tidur. Karena waktunya masih lama, aku sama Degol jadinya cari apapun yang bisa dimainin di komputer lab Binus. Akhirnya kami mainin aplikasi kamusnya, buat cari kata-kata kotor. Ajaibnya ada beberapa kata kotor di dalam kamusnya. Oiya, boneka Tayo yang kami tinggal buat besoknya cuma punya Degol, soalnya kalo dua-duanya di workstation jadinya kepenuhan. Punyaku kubawa pulang buat kupake tidur juga.

Selesai practice session, yang dari UI balik ke UI. Macetnya lumayan lama, nyampenya jadi rada lama. Habis sampai UI, jalan dikit ke kosan, terus istirahat~

Day 2 - Contest Day


Lagi-lagi kudu bangun pagi buat berangkat, untungnya gak sepagi hari pertama. Perjalanan juga lumayan lancar, di jalan main Rayman lagi. Pas sampe di Binus, entah kenapa aku gak terlalu nafsu makan. Jadinya aku cuma makan dikit aja, padahal masih belum pengen diet.

Habis itu, kami mobilisasi ke ruang kontesnya. Kontesnya sendiri masih lama, sekitar 30 menitan lagi. Aku jadinya tidur-tiduran pake boneka Tayo yang kami tinggalin. Deket-deket waktu kontesnya, Degol hapalin username sama password akunnya, katanya sih biar cepet kalo perlu masukin lagi. Oiya, Degol ditaruh sebagai first coder karena biasanya ngodingnya cepet (tapi belom tentu bener). Sebelum kontes, aku bilang "udah nyantai aja", padahal pasti pas kontes bakalan gak nyantai.

Tik. Tok. Tik. Tok. Kontes dimulai! Btw, soal-soalnya bisa diakses di sini

Aku sama Inigo buka amplop terus bagi-bagi kertas soal. Soalnya ada 12, Degol baca A-D, Inigo E-H, aku I-L. Selang beberapa detik Degol bilang, "Yaz gw ngoding A".

Dan beberapa detik kemudian, Degol bilang "Yaz A WA". Sementara itu, dari soal-soal yang kubaca:

  • I: Oh simulasiin aja, harusnya gampang
  • J: Oh panjang stringnya kecil, bisa DP 15 * 215, cari untuk tiap substring dia bisa loncat ke mana habis diurutin
  • K: Konstruktif, kayaknya greedy-greedy lucu
  • L: Baca sekilas, kayaknya gampang
Berhubung gak ada yang pake komputer, aku jadinya ngoding I. Submit, WA. Sial, ternyata ada ngebug off-by-one :' Habis dibenerin, submit lagi, I - Lie Detector Accepted!

Habis itu aku nanya Degol soal A kenapa WA. Inti soal A kan dikasih binary string S, cari string T dengan panjang sama yang edit distance-nya >= |S| / 2. Degol cuma greedy bitnya di-flip, padahal kalo "010101..." bakalan edit distance-nya 2 dengan cara itu. Terus aku minta dia coba cari-cari pola lain. Pas liat scoreboard, Jateng Pride udah AC soal L. Jadinya aku coba ngerjain soal L.

Inti soal L simple sih, sebisa mungkin habisin MSB ke-2, dan selama masih > K, hapus 0-nya. Sederhana tapi entah kenapa aku rada awkward ngodingnya. Akhirnya setelah ngebug-ngebug, L - Binary String Accepted! Habis itu, Degol ternyata udah pindah ke soal D. Sambil Degol ngerjain D, aku ngoret-ngoret soal J. Pas Degol submit, WA. Habis itu diskusi sama Inigo, benerin WA lagi. Ketemu 1 corner case lagi, dan akhirnya D - Icy Land Accepted!

Habis itu aku ngoding soal J. Untungnya gak terlalu ada masalah. Submit, dan J - Future Generation Accepted! Ini ngelempar tim kami yang di awal-awal rada di bawah jadi ke atas. Pas cek scoreboard,

Ayaz: "Cuy ini cuma kita cuy tim di atas yang belom AC soal A"
Degol: "Gw gak tau lagi cuy itu soal diapain"

Sementara itu, Inigo udah selesai ngoding F di kertas dan nyoba implementasi. Aku sama Degol lalu nyoba-nyoba ngide buat soal A. Cuma kami ngerjain A ini lumayan kacau; Aku salah cara ngitung edit distance (kalo gak salah ada pake LCS gitu), nyoba modelin DP, yang pas di-coding sambil nggusur Inigo baru nyadar DP-nya ngawur. Terus juga nyoba nge-random, ngarep peluangnya gede, auto gagal. Ini sampe bikin A.cpp, A2.cpp, A3.cpp. Inigo lanjut ngoding F lagi.

Aku sama Degol terus nyoba cari pola sama lemma-lemma buat A. Intinya, kalo ada yang karakternya muncul lebih dari separo, cukup bikin string yang isinya kebalikannya doang. Yang masalah kan cuma kalo kemunculan 0 sama 1 sama. Kami nyoba cari beberapa pola, gagal semua. Berhubung Inigo F-nya ngebug, aku jadinya coba bikin brute force buat A. Hasilnya, ada beberapa pola yang lumayan bagus hasilnya: "01111...", "1111...0", "10000...", "0000...1". Kesel, akhirnya aku sama Degol putusin buat cobain aja di antara keempat kasus itu yang valid yang mana pakai DP (yang sekarang sudah bener). Submit. Wew, akhirnya A - Edit Distance Accepted! :"""

Kami liat scoreboard, terus kayaknya soal H paling doable. Sementara itu, F Inigo ngebug. Sampe sekarang aku masih gak terlalu ngerti solusi Inigo kayak gimana buat F; Kalo gak salah ada binser sama Segment Tree-nya. Aku coba bantu debug, nemu kalo segment tree-nya ngebug. Habis itu ada bug-bug lagi. Habis dibenerin, terlihat benar. Submit, dapet WA.

Sementara Inigo nyoba-nyoba, aku sama Degol nyoba ngerjain soal H. Aku ternyata salah ngerti soal H, disuruh ganti elemen 0-nya jadi -1 atau 1, kukira bisa dari -N sampai N :""" Inti soalnya sih cuma ganti tiap elemen 0, supaya semua syarat dalam bentuk "subarray L sampe R jumlahnya harus >= X" terpenuhi, dan hasilnya leksiko terkecil. Kami nemu solusi yang intinya asumsikan semua 0 awalnya nilainya 1, lalu dari kiri ke kanan. coba ganti jadi -1 kalo memungkinkan. Memungkinkan itu artinya misal kita ganti jadi -1, dengan sisanya masih 1 semua, syarat-syarat itu masih terpenuhi. Degol bilang mungkin bisa pake segment tree, tapi aku ogah ngoding segment tree. Ujung-ujungnya untung bisa pake prefix sum sama set doang. Ini ngerjainnya literally pair programming: Aku ngoding Degol liatin sama bantu debug. Setelah lewat beberapa bug, soal H - Lexical Sign Sequence Accepted!

Inigo lanjut debug F. Degol baca soal G, aku baca soal C. Hmm, rasanya dulu pernah ngerjain soal mirip C ini untuk angkanya biner di SPOJ, cuma lupa gimana. Seingatku bisa dikerjain greedy bego gitu, cuma aku udah lupa greedy bego-nya gimana.

Habis itu, aku nanya soal G kayak gimana. Degol jelasin, intinya cari K minimum supaya ada urutan nambah edge yang bikin grafnya jadi complete. Pas baca sama dijelasin, "lah ini bukannya mirip soal yang gw kasih pas seleksi tim inti ya? Macem graph transitivity?" Yea, harusnya baca semua soal lebih dini.

Tapi walaupun aku bilang gitu, aku belom tau juga sih solusinya gimana. Aku mikirnya bisa dibinser, terus dalamnya ada pq-pq gitu buat cari edge-edge mana yang jadi aktif. Setelah itu, cek di akhir apakah semua edge jadi aktif. O(N3 log2 N), berat banget. Cuma daripada komputernya gak dipake ngoding (Inigo debug di kertas), aku jadinya nyobain aja. Pas ngoding, baru nyadar kalo gak perlu pq, cuma perlu queue doang. Jadinya O(N3 log N). Aku ngoding ngebug-ngebug, gara-gara berubah konvensi dalam solusi sendiri beberapa kali. Akhirnya lolos sample. Submit, WA. Kampret. Kalo TLE gak masalah, kok ini WA.

Inigo diskusi sama Degol buat benerin F, terus nyoba-nyoba lagi. Submit-submit, WA juga. Terus mereka nyadar kalo dari awal tuh udah salah buat sample, ada yang jebol batasan :") Aku nyoba debug G di kertas sama kadang nyobain di komputer. Duh, rasanya gak ada yang salah. Pas nyobain beberapa kasus bikinan sendiri, baru nyadar kalo ini soal jahannam: Jawabannya itu bisa sampe 2N-3, bukan cuma N. Misalnya kalo grafnya hampir complete gitu, tapi ada satu edge ilang. Jadinya aku ganti batas di binsernya, karena takut jadi 0 sampai 3N. Submit lagi, dan G - Go Make It Complete Accepted! 2 menit sebelum freeze :""

Degol sama Inigo terus debug soal F. Selang 10 menit dari soal G, F - Popping Balloons Accepted! Ini jadi keinget Zamil, Inigo baru ngerjain satu soal ini aja dari awal kontes :"" Berhubung waktu masih lama, kami cukup yakin bisa nambah seenggaknya satu soal lagi. Antara soal C sama K. Yang soal C:

Ayaz: "Gol sumpah gw inget dulu pernah ngasih soal ini di Pelatnas dah"
Degol: "Iya gw inget dulu lu pernah ngasih solusinya gampang banget"

Tentu saja kami berdua nggak ada yang inget solusi gampangnya kayak gimana. Yang kami cukup percaya, solusinya selalu punya panjang N+K-1. Karena soal SPOJ yang kami bicarakan itu biner, kami nyoba cari solusi bego buat biner. Akhirnya, kami mutusin untuk coba cari greedy bego: Mulai dari suatu biner ukuran N, lalu coba tambahin 0 kalo misalnya substring ukuran N baru itu belum pernah nongol, dan jika sudah, maka 1. Aku coba bikinin brute force (yang tentunya ngebug) buat cari polanya. Turns out, kalo kami pakai "111...11" (sepanjang N) dulu di awal, maka solusi barusan bakal munculin semua pola biner ukuran N.

Degol terus nyoba ngecek itu bisa digeneralisir nggak buat yang basisnya lebih dari 2, dalam hal ini dia nyoba basis 3. Ternyata bisa! Artinya, mungkin bisa jalanin greedy tadi untuk basis apapun, terus simpen rolling hash untuk tiap substring ukuran N. Aku terus coba ngoding. Banyak bug bego yang terjadi: salah nge-hash lah, salah karakter yang kudu di-hash lah, dll. Sampe akhirnya, sample lolos, tc buatan kami (yang harus munculin semua kemungkinan string ukuran N) lolos, dll. Kami lalu coba submit. WA. Eek. Oh, aku lupa benerin basis sama mod hash-nya gara-gara tadi masih debug. Benerin, submit. WA lagi. Eek kuda.

Iseng, aku nyoba-nyoba beberapa kasus gede. Pas nyoba "100000 5 100000" sama 5 angka ngawur, assert-ku gagal. Ternyata ada collision. Kenapa yakin collision? Karena kalo 5-nya diganti dari 1-10 selain 5 bisa semua. Akhirnya, dalam beberapa menit... Aku tambahin hash-nya jadi double hash. Code-nya bikin eneg. Submit lagi, dan C - Smart Thief Accepted! :O

Aku lalu ke toilet dulu. Balik-balik, sisa sekitar 20 menitan, kami coba mikirin soal K. Inigo sama Degol terus modelin soalnya jadi begini: Anggep tiap edge kita assign mau ujungnya kepake di U atau V. Misal U ke-assign cnt[U] edge. Artinya, jawaban kita bakal nambah cnt[U] / 2, buletin ke bawah.

Nah ini kayaknya modelnya bener. Habis itu aku mikir + bilang kalo ini artinya kita pengen minimize banyak node yang cnt[]-nya ganjil, soalnya sayang satu edge. Nah, mikirnya kalo misalnya ada edge yang hubungin 2 node yang paritas cnt-nya ganjil, balik aja edge-nya. Cuma ini aja kayaknya gak cukup. Habis itu baru kepikiran: Misal ada path p1 -> p2 -> ... -> pk. Kalo kita flip semua edge dari path itu, maka paritas dari p2 sampai p(k-1) tetap, sementara p1 sama pk jadi kebalik. Nah, bisa pake ini buat minimize node yang cnt-nya ganjil.

Hanya saja.. waktunya sisa sekitar 10 menitan, terus kami masih gatau cara ngoding yang flip path itu gimana. Jadinya yaudah, sisa beberapa menit itu nyoba-nyoba dikit cuma gak serius, sama nontonin scoreboard. Aku baru nyadar kalo aku masih belum tau sepenuhnya soal B sama E ngapain (iya, aku bego). Soal B aku baca sekilas doang, query-query gitu, tapi gak yakin bisa ngerjain. Aku terus nanya ke Degol sama Inigo.

Inigo: "B intinya bisa cabut pasang di tree gitu"
Aayaz: "OOOH INPUTNYA TREE?? TADI KUKIRA GENERAL GRAPH"

Degol: "Lu mo gw jelasin soal E apa denger tag-nya dulu?"
Ayaz: "Tag-nya apa dah"
Degol: "Ada geometrinya"
Ayaz: "Oke skip"

Habis itu cuma nontonin scoreboard sama aku ngira-ngira peringkat berapa. Cukup optimis bisa antara rank 5-7, kalo hoki rank 5. Habis itu kontes beres. Ngobrol-ngobrol sama Prabowo tentang AC berapa, habis itu ada Pak Denny. Yaudah lapor kalo nambah 2. Terus Pak Denny bilang soal K katanya pernah ada di CF :O Kebetulan parah. Habis itu kami mobilisasi ke tempat makan, kali ini aku udah punya nafsu makan.

Habis makan-makan, Doski ngajak foto buat yang challenge Instagram. Yaudah kami foto, bareng tim Stoqi. Pas foto, diceritain kalo tim Korea (KAIST, yang leading parah) di hari sebelumnya banyak makan micin. Micin emang bisa bikin pintar.

Selanjutnya, balik ke auditorium buat penutupan sama pengumuman. Pas masih belum pengumuman, aku main Rayman lagi. Degol, Rakha, Anab main Mario Kart. Sampe akhirnya ditayangin video flashback, aku mulai merhatiin acaranya lagi. Terus ada contest review, yang mana Irvin ngasih brief solution dari kontes tadi. IMHO, aku lumayan seneng ada dikasih buklet solusi sama pembahasan singkat di kontes ini. Jadinya bisa belajar dari hal yang sebelumnya kita gak bisa.

Setelah pembahasan singkat, ada pengumuman hasil INC, yang sebenarnya hasilnya udah bisa dilihat dari sebulan sebelumnya:

  • Juara 1: Binus - Kth-D Hyperprism
  • Juara 2: UI - Supir Tayo
  • Juara 3: UI - YouR Lovely JatengPRiDe
Btw post-ku terkait INC bisa dilihat di sini. Pas maju, Inigo bilang "Ini Binus uang hadiahnya uang judi ya" :")) Konteksnya mereka AC soal K pake random, nggusur kami ke rank 2.

Tayo!
Sumber: laman ICPC Regional Jakarta
Setelah itu, mulai masuk ke pengumuman terkait ICPC-nya. Pertama-tama ada bagiin hadiah first solver. Kalo gak salah liat, dapet semacam tumbler atau mug. Terus tiap tim bisa dapet berkali-kali. Tim KAIST dapet banyak banget, kayaknya bisa bikin bisnis jualan mug ICPC Jakarta.

Nah, lanjut ke bagian utamanya: Resolver! Jadi kalo ICPC bisa macem simulasiin pas frozen, kalo ada AC jadi terbang-terbang gitu timnya. Btw ini Irvin harus diapresiasi karena nyebutin satu-satu nama timnya, dengan kecepatan yang hampir setara nge-rap :") Setelah melewati puluhan tim yang beterbangan, akhirnya masuk ke top 12. Ada saat-saat Supir Tayo diterbangin ke rank 2 pas ditunjukin AC 9, walaupun aku tahu itu gak mungkin bertahan lama :P

Mak pernah rank 2
Nah, yang jadi pertanyaan itu NTUSECURE sama map nambah apa nggak, soalnya cukup yakin CMP at least AC 9, earlybird AC 10, dan kami udah tahu 3Sophomores AC 10. Dan.. NTUSECURE sama map gak nambah! Jadinya Supir Tayo ada di rank 5, dapet medali perak sama penghargaan "Best National Team"

Silver Medalist
Sumber: laman ICPC Regional Jakarta
Untuk hadiah dari jadi Best National ada beberapa, seingatku: Mi Band 3, Power Bank, Speaker, sama Hard Disk. Lumayan :D

Habis itu masuk ke medali emas. Sesuai dugaan, earlybird AC 10, terus 3Sophomores juga AC 10, cuma kalah penalty. Nah, KAIST yang sebelum freeze udah AC 10, masih punya 2 pending run. Yang B.. AC! :O Satu-satunya AC B di kontes. Sebelum masuk ke soal E, Irvin nyebutin quote Bill Poucher yang kurang lebih, "ICPC itu pertandingan antara pembuat soal sama kontestan". Kemudian E KAIST... nggak AC! Artinya bisa dianggap pembuat soal yang menang ya :")


Top 12 ICPC Jakarta 2018

Setelah pengumuman medalis ICPC-nya, ada pengumuman medalis untuk top 12 dari Indonesia yang gak masuk top 12. Ada beberapa tim UI juga yang masuk di sini, yey. Selanjutnya, aku cabut buat sholat, dan pas balik-balik foto bareng tim UI. Selain itu, aku juga ikut foto tim Binus, yang entah kenapa kulakuin dari tahun lalu.

UI!
Sumber: laman ICPC Regional Jakarta
Binus!
Sumber: laman ICPC Regional Jakarta
Aliansi Supir!
Sumber: FB Bu Yen Lina
Setelah foto-foto, ngurus perkara duit-duitan ($$$), lanjut ke bawah buat makan-makan. Makan-makannya lumayan enak, aku ada ngambil beberapa kali. Setelah makan-makan dan ngobrol-ngobrol, akhirnya yang dari UI balik lagi ke Fasilkom. Bersiap untuk menghadapi kuliah di esok hari. Aku sendiri harus ngerjain paper DAA yang udah kutunda-tunda dari minggu lalunya Dx

Aftermath


Sejujurnya, nggak expect kalo hasilnya bisa kayak gini :"D Dari aku sendiri gak ada target apa-apa buat ICPC tahun ini, tapi mungkin juga karena gak mikir apa-apa malah performanya jadi lebih baik. Selain itu, dari kontes ini juga jadi sadar lagi kalo pengalaman itu mayan penting, dalam hal ini karena ngebantu ngerjain soal C :"D Yha artinya emang kudu banyak latian untuk nge-expose diri dengan berbagai macam persoalan.

Pas ICPC Jakarta beres, aku udah gak terlalu mikir sih terkait ICPC-nya. Mungkin cuma mikir "duh harus latian lagi", sama berharap di Vietnam at least performanya kayak begini. Masih ada waktu juga untuk abuse Degol sama train Inigo, jadi sebisa mungkin di Vietnam performa >= yang sekarang.

Btw, terkait problemsetnya.. Aku lumayan suka soal B sama K. Sedih juga soal K udah pernah keluar yang mirip :""(( Oiya K aku udah nemu solusi buat masalah pathnya, cukup bikin sembarang spanning tree aja + sesuatu. Yang B masih ngebug cuma males debug, hehe. Overall aku mayan suka problemsetnya. Untuk solve soal gak terlalu harus ngoding capek-capek hehe. Paling ya.. aku cuma rada heran soal G. Kalo emang intended O(N3 log N) AC kenapa N-nya 500 ya :-? Soalnya kalo itung-itungan di kertas kayak TLE gitu, padahal ini jalannya lumayan kenceng. 

Terima kasih banyak juga buat panitia yang udah mempersiapkan regional yang keren :") Dari semua regional yang pernah kuikuti tetep aja yang Jakarta paling keren haha. Moga tahun depan bisa lebih keren lagi >.<

Udah sih, sekian, semoga aku gak terlalu malas nulis yang ICPC Hanoi, hehe.

Trivia


  • Pas kontes, ada balon yang pecah. Degol terus bilang, "Yah harus ngulang ngerjain soal lagi" (konteks: cerita soal F)
  • Beberapa minggu sebelumnya, Irvin sama Ammar ada streaming main Crash Bash. Ada minigame yang mecahin balon, dan aku komentar "mecahin balon, fun to play during ICPC". Itu Irvin harus nahan diri gak bilang kalo di ICPC bakal ada soal tentang mecahin balon :")))
  • Akhirnya aku ada dapet medali perak dalam hidupku :""))))) sebelum ini selalu antara perunggu sama emas
  • Semenjak kontes ini, pas latihan sama kontes Degol sering ngerjain soal A, hanya untuk mendapatkan WA atau menyadari soalnya susah
  • Ini pertama kalinya Regional Jakarta yang gak ada foto GGanteng, berhubung gak ada Agus :"
  • Sampe sekarang aku masih gak tau lagu Tayo yang asli itu kayak gimana. Aku cuma tau versi parodinya doang
  • Hasil akhirnya rada mirip ICPC Jakarta 2016 :)) AC 9, rank 5, university rank 4, terus di rank 7 AC 8 dengan penalty 888 :"))

0 komentar:

Posting Komentar