Senin, 05 November 2018

Penyisihan Gemastik Pemrograman 2018

Beberapa minggu yang lalu aku ikut 2 cabang Gemastik, Pemrograman sama Keamanan Jaringan. CP sama CTF. Aku ikut karena biasanya fun dan lumayan objektif. Cuma tahun ini gak terlalu begitu rasanya. Aku bakal bahas yang pemrograman aja, secara aku ngerasa aku gak terlalu dalam di perkara CTF (tapi screencast 5 jam menurutku nggak jelas).

Oiya, aku gak lolos cabang apapun di Gemastik, jadinya nggak pergi ke Surabaya. Oke, fokus ke cabang pemrograman deh. I tried not to be angry, but I can't. Beberapa rant terkait penyisihan kemarin:

1. Server down

Server down 5 menit, 10 menit masih okelah. Ini sampai 2 jam down. Terus down-nya itu gak semuanya, kayak ada beberapa session yang bisa ngakses. Misal di timku, Anab bisa buka, sekalipun kacau banget. Aku sama Rakha selalu kena gateway time out. Jadinya ya nggak fair lah lombanya, gak semua bisa buka, dan sekalipun bisa buka juga lambat banget. Pemberitahuan dari panitia juga rada lambat, kalo menurutku. E-mail yang masuk (dan baru kubaca setelah lombanya selesai) kira-kira masuk 1 jam setelah kontes. Tidak membantu.

Masalah ginian emang jarang keprediksi sih. Aku juga masih gak tahu mitigasi yang baik itu kayak gimana. Ada baiknya kalo bikin semacam chat group atau apalah yang mempermudah komunikasi 2 arah panitia sama peserta, supaya kalo ada masalah ginian infonya bisa lebih cepat. Panitia juga ada baiknya "nutup" kontesnya dulu, biar lebih fair. Cuma kalo servernya down ya gabisa kan mau nutup. Tapi kalo misalnya bisa, kayaknya lebih baik.

Yaudah, solusi terbaiknya, semoga tahun depan udah ada server yang lebih bagus aja. Kayak gini udah kejadian di INC 2017, dan pada tahun ini udah gak down lagi, padahal kontestannya jauh lebih banyak. Intinya, jangan jatuh ke lubang yang sama.

2. Ganti aturan

IMHO, kalau servernya masalah dan sering kena internal error, paling bener itu nge-spam submission sampe keluar verdict non internal error. Gambling sih, soalnya bisa numpuk WA dan lain-lain. Cuma aku rasa setelah pro dan cons-nya, tetep mending spam aja.

Secara ajaib, habis penyisihan selesai, dapet e-mail dari panitia yang menyatakan aturannya diganti, penalty jadinya banyak attempt. Luar biasa. Aku gak tau itu sebenarnya diumumin atau nggak,  kalopun diumumin setelah servernya stabil juga rasanya udah rada telat.

Selain itu, jumlah finalis juga berubah. Sebelumnya 10, ini jadi 12. Habis ini tiap kali aku bikin lomba kutulis aja finalisnya 10, baru nanti ganti basisnya sesuai keperluan. Easy.

Anyway, kalo menurutku jangan ganti aturan secara mendadak gini atau pas lombanya sudah selesai. Nggak fair. Ngubah jumlah finalis itu juga sebenernya gak terlalu bijak. Mungkin sekarang jumlahnya tambah banyak bikin seneng, cuma itu berarti gak nutup kemungkinan kalo tahun depan jumlahnya bisa dikurangi (secara kita juga nggak tahu ini kenapa mendadak ditambah). Aku curiganya ini karena penalty-nya diganti, jadinya ada yang seri terus dilolosin, but who knows.

3. Soal

Wah, ada soal kombin keren. Kok susah ya. Coba generate solusi untuk N kecil, terus cari di google. Wih, ada di OEIS. Ada formulanya juga. Soalnya bagus banget buat penyisihan yang online dan bisa googling. Nyoba nurunin rumusnya itu nggak mudah lho buat soal itu.

Kalo mau ngambil top 5 scoreboard, menurutku set soal kemarin tidak terlalu membedakan. Kayak, 4 soal pertama itu untuk top 10-15 juga masih mudah. Sisanya tinggal ngerjain easy soal ke-5, atau solve hard-nya. Kalo gak solve hard-nya, jadinya cuma cepet-cepetan solve easy. In any case, penyisihan kemarin lebih banyak cepat-cepatannya. Karena aturannya diganti, jadinya sih bukan cepet-cepetan, ganti jadi akurat-akuratan.

Aku gak tau sih scoreboardnya setelah unfrozen gimana, mungkin aja top-5 itu emang AC semua soal. Cuma itu gak terlalu bikin problemset yang bagus juga. Lolos harus AC semua. Kalo bisa tahun depan ditingkatin juga kesulitannya, misal kayak Gemastik 2016-2017. Itu paling nggak masih keliatan bedanya antara yang lolos sama nggak.

Bikin soal yang sesuai emang nggak mudah. Mungkin C4T juga gak berhasil ngumpulin soal-soal yang sesuai. Mungkin bisa juga kontak langsung orang-orang yang biasa bikin soal. Tahun depan mungkin aku juga boleh dikontak. Cuma ingat, jangan sampai orang-orang yang berpotensi kontribusi soal marah.


Mungkin poin-poin pentingnya itu.

Anyway, aku gak pernah semarah ini dalam ikut kontes CP di tahun ini. Mungkin ini yang paling buruk di tahun ini, entahlah. Aku sampe bikin ginian:


Jangan sampai tahun depan masih kejadian kayak gini. Kasihan juga soalnya, secara ini bagian dari rangkaian Gemastik yang lumayan prestisius, tapi di penyelenggaraannya bikin peserta kecewa.

Semoga tahun depan bisa lebih baik lagi. Maaf apabila beberapa bagian terlalu kasar. Apabila ada yang ingin disampaikan, bisa lewat komentar di bawah.

Note: aku gak komentarin final karena aku gak punya hak melakukan itu (gak ngerasain masa ngomentarin :P), lagian aku juga gatau apa yang terjadi di final.

2 komentar: