Rabu, 09 Desember 2015

ACM - ICPC Regional Singapore - Daily Logs(?) Bagian 1

Sooo pada post ini, entah karena emang pengen sekali-sekali bikin daily logs ketika keluar negeri (atau karena iming-iming secret prize), post ini rencananya mau dipake jadi sejenis daily logs, yang (semoga bisa) diupdate tiap malam :P
Day (x | x < 1) (?) - Preparation

Tidak seperti sebelum ICPC Jakarta, Terharu :') gak bisa banyak latihan, mostly karena Anthony sibuk nugas dan ngasdos (sama pacaran kalik), Saya ikut acara PMB, dan Agus sering tewas karena sakit. Sekalinya latian, rekt. Awalnya mau update cheatsheet setelah sadar ada yang salah, cuma laptop saya kena musibah malam sebelum berangkat :'''' Jadinya kami pakai cheatsheet yang sama kayak di Jakarta, dan saya mencoba mengingat-ingat bagian yang salah.

Fun fact : Di antara kami bertiga, cuma Agus yang laptopnya masih beres

Day 1 - Departure

Saya kurang tidur malam sebelum berangkat, karena insiden laptop saya :' Agus dan Anthony nginep di Ristek, Agus nginep karena takut kejadian telat pas Jakarta keulang lagi.

Singkat cerita, Terharu :') dan AFP - {Aldi} kumpul di Fasilkom dulu. Kopernya Fahmi lucu, ada tulisan "Fahmi Bondowoso" (Bayangkan ada annual Fahmi meeting). Setelah itu, kami pergi ke bandara di mana saya sukses tidur :'). Kebetulan, di bandara Aldi juga sampai beberapa menit setelah kami sampai. Karena masih lapar (saya cuma makan mie, Agus gak makan), kami mampir dulu ke S*laria buat makan. Setelah itu, Pak Denny datang.

Selesai makan dan ngobrol santai (topik : MPKT-B, table manner, dst) , kami pergi check-in. Pas security check, semua kantong celana Agus ada metalnya :)) Lalu, check-in. Check-in nya LAMAAAA...AAAA sekali. Kami jadi ribut sendiri ngobrolin berbagai jenis game P*kemon :D sama nostalgia beberapa game lama.

Habis ngelewatin bagian imigrasi, kami ngomongin masalah nukar uang. Kebetulan saya sama Agus udah distok duit SGD, jadi kami agak nyantai. Tapi saya juga gak tau yang lain nukar berapa banyak :')) Setelah security check kedua (dimana beberapa dari kami kembung menghabiskan minuman), foto buar dokumentasi.


Credits : Pak Denny
Lucunya, kami gak sadar kalau udah waktunya boarding (gak ada pengumumannya). Setelah boarding, lagi-lagi saya dapat waktu untuk tidur pulas lagi :P

Sesampainya di Singapore, Agus sama Aldi beli paket data yang tentunya mahal (kaya). Pas di bagian (I/E?)migrasi, untungnya saya gak terlalu dapat masalah, cuma ditanya nama lengkap. Yang kena masalah Anthony sama Fahmi yang namanya cuma 1 kata :') Jadinya, Pak Denny nungguin mereka sementara sisanya ngambilin koper.

Setelah semua masalah beres, kami cabut ke Sheares Hall. Sepanjang perjalanan, yang ada pembicaraan gak jelas, Aldi motoin gedung yang katanya "keren", sama bikin set merk mobil yang ada di jalan.

Di Sheares Hall, kami registrasi dan ngambil beberapa goodies dari ICPC SG 2015. Setelah semuanya beres, kami ke kamar untuk sholat (saya,fahmi,aldi) dan siap-siap buat cari makan + jalan-jalan. Setelah siap, kami pergi ke NUH, rumah sakitnya NUS, buat cari makan.

Di NUH, makanannya ada banyak sekali lol. Karena kangen, saya beli roti prata :') Setelah makan dan beli roti buat cadangan makanan begadang, kami ke sebuah toko 24 jam untuk cari cemilan. Saya kalap, dan rasanya semua jenis coklat mau saya beli. Tapi karena duit terbatas, jadi yasudah saya beli beberapa saja :'3 Seseorang belikan saya coklat :'3

Kami lalu memutuskan untuk jalan-jalan ke Little India. Sebelum perjalanan ini, sesungguhnya gak ada yang memperkirakan kalau bakal terjadi hal-hal absurd. Anyway, kami beli tiket MRT, dan keliatan kampungannya -- belinya gerombolin alatnya

Kampungan
Kami lalu mikir buat turun di Botanic Garden terus pindah kereta. Sesampainya di Botanic Garden, ternyata layanannya gak ada :'v Karena bosen, kami ngeliatin peta MRT-nya

Orang Bontang pasti ngerti :')

Kemudian, saya lalu makan roti yang saya beli, tapi ternyata gak boleh Dx Entah karena bengong atau apa, kami agak lambat masuk ke kereta selanjutnya, dan guess what? ALDI KEJEPIT. Jadinya Aldi ketinggalan kereta. Untungnya, Agus sama Aldi ada paket data, jadinya Agus bisa kontak Aldi buat naik kereta selanjutnya, sementara kami nunggu di stasiun selanjutnya. Begonya, Aldi KETINGGALAN kereta lagi, jadinya nunggu kereta selanjutnya.

Setelah ketemu Aldi, akhirnya kami lebih waspada lagi dalam menaiki MRT. Btw, Aldi jadi agak trauma wkwk.
Reka ulang kejadian
Kami lalu turun di Serangoon, lalu pindah line supaya bisa ke Little India. Untungnya, gak ada kejadian aneh-aneh lagi, dan kami bisa sampai ke Little India.
Terdampar

Kemudian, kami jalan-jalan di sekitaran situ. Akhirnya, kami pergi ke deket Sim Lim Square, terus Pak Denny cari jam tangan. Sebagian dari kami yang bingung mau ngapain, jadinya ngegembel. Setelah itu, kami cari makan karena masih ada yang kelaparan :v

DokumCeption


Habis itu, kami liat-liat alat elektronik, tapi rasanya gak ada yang mau beli juga. Pas mau pulang,

Hujan.
Kok tambah deras ya?
Anjir geledek.

Jadinya kami buru-buru pake jaket sama keluarin payung, terus lari-lari dari satu tempat ke tempat lain biar bisa berteduh sembari semakin mendekati stasiun MRT :') Pas mau nyebrang jalan raya, karena jarak antar gedungnya lumayan gede, kami langsung lari cepat-cepat, dan sialnya sendal saya copot, untungnya gak terlalu menghambat. Setelah kegiatan pindah-pindah gedung sambil kehujanan (kayak soal CP, dikasih N gedung..), kami sampai juga :'3

Kemudian, kami naik line yang tujuannya ke HarbourFront, lalu balik ke Kent Ridge. Alhamdulillah, gak ada kejadian aneh lagi :') Sesampainya di stasiun Kent Ridge, kami lalu ke NUH dan ke toko 24 jamnya lagi buat beli minum. Habis itu, kami ke halte. Karena gak terlalu tahu baliknya gimana, jadinya nanya mbak-mbak di halte. Saya gak terlalu tahu sih Pak Denny nanya apa aja, tapi intinya kami jadinya nyebrang halte. Pas nyebrang, ada Bus A2, terus ternyata kami bukan naik yang itu. Kami naiknya A1. Seakan semesta berkonspirasi, Bus A1 sampai di halte yang baru saja kami tinggalkan. Fix kami ngelewatin jam malam. Kami lalu balik ke halte tadi.

"Di mending kita cari masjid buat tidur"

Gak tau kenapa, iklan ini keliatan lucu
Akhirnya Bus A1 datang, dan kami bisa sampai kembali ke Sheares Hall :') Setelah itu, saya mandi, dan ngelakuin berbagai hal(?) hingga akhirnya nyelesein post ini :')

Semoga besok malam bisa kuat untuk ngeblog :')

1 komentar: