Minggu, 12 Juli 2015

Pelatnas 2 TOKI 2015 : Second & Last Week

Halo semua! Saya mungkin gak nulis banyak kali ini, biarin aja ya :p

Oh iya, ada lanjutannya setelah saya buat solusi untuk soal buat fun contest. Ternyata solusi saya salah T_T Setelah ditelusuri, ternyata saya melupakan sesuatu, setelah diperbaiki untungnya AC \ :v / Sip bagian saya untuk soal fun contest udah selesai :v Ada untungnya bikin solusi untuk subtask kecil :p

btw, soal untuk 2 minggu ini bisa dilihat di sini

Hari pertama, entah karena mabok atau apa, saya lupa submit pakai akun pelatnas, jadinya saya submit sekitar 10 kali WA di akun azure97 saya ._. Dan lucunya, pas akunnya udah bener mendadak AC :v Setelah ngerjain CAVE, seharian saya cuma mikir CAVE2 karena kelihatan menarik, sampai gak nyentuh soal lain ._. Walaupun 30 menit terakhir akhirnya saya pakai untuk ngerjain SEQPAR2. Target AC harian udah mulai menurun :v oiya, saya gak ngerjain IOIBOUND karena status submission hari itu "berdarah-darah". Parah juga MW AC soal itu di wcipeg tapi kena TLE di SPOJ ._.

Hari kedua, yang saya pikir pas baca POLISH "dafuq kok ada soal pake ini". Setelah itu setengah jam buka buku CP, yang ujung-ujungnya malah copas code :p PONY9 jadi soal optimisasi gila-gilaan, pada saat pelatnas, solusi saya timenya luar biasa dibandingin time yang lain, sampai dengan santainya saya bilang "yang bisa ngalahin time gw, gw beliin pizza" :v Setelah ngerjain POLYSSQ, sampe sore saya ngedebug ZSEQ gak AC-AC. Pas udah di gardena ujung-ujungnya pake cara Agus :/

Hari ketiga, saya shock ketika baca nama soal INCEST. Kayak gak ada judul yang lebih bagus aja :/ anyway, soal itu entah kenapa saya harus optimisasi dikit biar AC, MW juga, sedang Agus tidak, padahal caranya sama semua :/ MENMARS cukup menarik, walaupun WA-WA dulu karena salah ngerti soal dan salah bikin solusi T_T Oiya, soal HAMSTER2, permasalahan terbesar adalah nurunin rumus pake fisika dan matik. Dari siang sampe sore saya gak bisa dapet turunan rumusnya dan.. oke saya gak bisa lulus UN fisika sama matik.

btw, materi hari ini strukdat yang seingat saya excluded dari silabus IOI, yaitu suffix array, ini dipake buat ngerjain POLISH. Ngeliat slidenya Tracy saya cuma bisa "iya-iya" saja :v

Hari selanjutnya, soalnya terasa tambah gila. Saya sendiri habisin waktu dari pagi sampai siang untuk ngerjain satu soal, yang untungnya AC. Soalnya kalo nggak mungkin saya bisa bete seharian :P Hari ini kami diberikan materi BBST, diajarin splay tree sama AVL tree. Materi splay tree lumayan baru buat saya sebenernya, hanya saja entah kenapa saya gak bisa fokus sama materi ~_~ (dan pas Pelatnas 3 baru dibilangin ko Goz sama Nan Yanoi a.k.a. Andy kalo ada persoalan yang lebih mudah dikerjain pake splay). Siangnya saya fokus ngerjain CNTINDX2, dan ujung-ujungnya ngebug seharian. Malamnya saya recode sambil misuh-misuh, sampai menjelang tidur akhirnya berhasil. Mungkin juga sejak saat ini, setiap kali saya bikin AVL, pasti ngebug, dan tempat bugnya gak pernah sama. Sedih memang :|

Hari Jum'at, seperti biasa latihan di TLX (yay!). Soalnya berkaitan dengan string, dan susah semua ._. Ada satu soal yang lumayan memberi saya insight di KMP. Kemudian, saya bermasalah dengan satu soal, saya tidak tahu expected solutionnya seperti apa, tapi solusi hashing saya kena WA satu atau dua testcase mulu' :'( sampe hashnya diganti-ganti juga tetep WA hiks.

Besoknya Kuis 2! Soal kali ini bener-bener brutal, pada roto pas kuis kecuali om ganteng yang rank 1 DAN sempet tidur #SembahTurfa. Performa saya sedang, menurut saya tidak buruk namun juga kurang baik. Kecewa ada satu soal DP yang gak berhasil didapatin, dan pas dijelasin sebenernya gak susah T_T Namun dari problemsetnya, masih ada satu soal yang gak berhasil disolve satu orangpun, soal dewa T_T

Setelah pembantaian tersebut, kami nonton film di East Coast Center. Kali ini kami nonton Chappie, menurut saya film ini tengah-tengahnya bagus, walaupun bagian akhirnya rasanya terburu-buru (peringatan : saya gak punya experience dalam mereview sesuatu). Tapi lumayan lah, karena sudah lama gak nonton film, walaupun saya tipe yang lebih suka membaca kalau durasinya lama dan gak bisa dipotong (dengan alasan ini saya lebih suka nonton anime dan baca manga atau novel)

Minggunya, karena kami semua pemalas ujung-ujungnya gak ngapa-ngapain dan pada stay di gardena, kecuali beberapa orang. Kalau tidak salah Pak Habit minta tolong saya untuk ngurusin data tiket pas datang, jadi bagi peserta pelatnas 2 yang baca blog ini, sembah gw karena sudah mengamankan duit kalian. Rencananya, malam ini kami mau makan nasi goreng j*****, tapi karena saya miskomunikasi sama Tracy akhirnya rencana tinggal wacana.

Senin berikutnya merupakan hari latihan terakhir bagi kami. Ngeliat soalnya juga wah T_T Saya mulai ngerjain dari ZQUERY2, entah merupakan pilihan yang salah atau bukan. Solusi saya jadi tree 3D, dan codenya sangat menjijikkan untuk dilihat.

 Sebenarnya ada soal bonus hari ini, tapi saya rasa pembaca juga bisa tahu soal apa itu :)) Setelah ngesolve AUT (ini soal latihan yang bagus buat DP), saya berkutat di TRAPEZBO. Struggle buat TRAPEZBO ada di bagian awal dari post ini :p

Kemudian, Simulasi 1! Mengingat pada simulasi pelatnas 1 saya nge-throw parah, saya jadi berhati-hati pas ngerjain. Setelah skimming, ngerti semua maksud soal, saya mulai dari yang terlihat paling mudah. Setelah dapet kalo bisa di BF + greedy, cepet aja bisa AC. Terlihat seperti awal yang baik, tapi simulasi P1 juga kayak gitu :| Kemudian saya lanjut ke soal selanjutnya, dengan constraint N = 10^6. Setelah itu saya dapet solusi N * log^2 N. Setelah submit, dapet 70, TLE 2 subtask terakhir. Sontak saya bingung, kenapa TLE? Setelah nyoba ngedebug dan submit beberapa kali, setelah satu jam saya baru nyadar :

"kalo N sejuta kompleksitas segitu kasarannya 400 juta operasi"
"pasti TLE lah. Bego lu yaz"

Akhirnya saya loncat ke soal terakhir. Loh, ini kan soal yang tahun lalu jadi simulasi pas P1 :| Setelah dapet DPnya, saya code dan karena banyak loopnya, seingat saya variabel i sampai o terpakai. Sialnya ngebug, untungnya cepet keliatan. Kalo nggak pasti mampus, berhubung lapisan loopnya ajigile.

Setelah itu sharing-sharing nilai, kayaknya gak banyak yang nilainya >= 200. Habis itu balik ke gardena, gak lupa sebelumnya bikin plan sama Tracy buat makan di nasgor j*****. Malamnya, tanpa ada kendala kami (akhirnya) bisa makan nasgor jahannam itu. Berhubung tahun ini yang punya resistant sama pedas lumayan banyak, nasgor "roshan" cepet habis T_T

Simulasi 1.5
Setelah itu, pulang, dengan kondisi perut siap meledak kapan saja.

Besoknya hari yang ditunggu-tunggu : Fun Contest! Aku udah rada lupa soal-soalnya, kalo gak salah :

  • Curious Ari (Surabaya All Star / Stacia,Christo,Sergio)
  • Turfa and Magic Sticks (MW,Ragil,Turfa)
  • Turfa : The Last Airbender (Ayaz,Prabowo,Jonathan)
  • Turfa's Skyscraper (Aldi,Anab,Wira)
  • Shooting Banana (Agus,Kevin,Fahmi)
Bisa diperhatikan, Surabaya All Star pengkhianat, padahal udah sepakat temanya Turfa. Hukum mereka.

Karena pada jahil, jelas deskripsinya rada najis semua. Walaupun yang paling najis dimenangkan Shooting Banana, di mana deskripsi pernah gak lolos sensor, GG Kevin.

Kontesnya lumayan seru, mengingat kami punya waktu 2 minggu untuk nyiapin soal. Tapi tetep aja ada yang kurang dari deskripsi soal kami T_T Tim saya berhasil ngesolve 3 soal tengah, walaupun soal kelompok MW butuh waktu lama. Soalnya cuma DP TSP sama matrix exponentiation, dan saya yakin solusi saya benar, tapi WA terus. Sampe protes ke yang buat soal :P Dan ujung-ujungnya, ternyata TSP saya salah :P hal sama juga terjadi pada kelompok Agus :P

Pas pembahasan, keliatan jelas kalo deskripsi saya kurang jelas T_T seenggaknya kelompok asisten sama kelompoknya Agus gak sepaham dengan maksud kami.

Yang rada lucu pas pembahasan Curious Ari. Saya sendiri gak ngerti maksud soalnya, yang jelas Prabowo sama Jonathan nyoba nyari pattern pake excel, dan sudah hampir dapat pas kontes berakhir. Pas Stacia ngejelasin rumus mathnya, dan udah nulis satu papan tulis, tau-tau ngomong "papan tulisnya gak cukup"

Bagi kami yang ngikutin pembahasan, mungkin mikirnya sama : "Mampus kita"

Oiya, ada surprise buat Wira yang berulang tahun, dibeliin kue sama asisten :P Pengen kali ya sekali-sekali ultah pas pelatnas haha.

Esoknya simulasi 2! Soal-soalnya gak kalah menarik. Setelah baca semua soal, saya fokus ngerjain satu soal, yang untungnya bisa dikerjakan cukup cepat. Setelah itu, saya kerjain soal yang setelah dipikir-pikir, bisa menggunakan prinsip soal yang saya buat : DP Segment Tree. Dalam waktu 2 jam saya berhasil AC 2 soal. Namun, entah karena kurang tidur atau apa, saya merasa lelah sekali, dan 3 jam sisanya dihabisin bengong atau tidur, kayak gak niat untuk ngerjain soal terakhir. Soal terakhir cuma nyampah subtask terkecilnya.

Siang sampai malam kami diajak jalan-jalan. Seperti tahun lalu, kami naik kapal karaoke. Untungnya, ada yang lebih aktif nyanyi dari saya :P Makan malam kami diajak makan soto ayam, salah satu soto ayam terenak yang pernah saya makan, sayang saya lupa nama tempatnya ~_~

Hari terakhir pun tiba. Gak kerasa harus kembali ke realita dan yang kelas 3, berurusan dengan UN. Mulai penutupannya pun agak siang, lupa nungguin siapa. Pokoknya karena rada lama, sampe-sampe MW udah balik ke Jakarta. Pas pengumuman rada plain, gak kayak tahun lalu :| Anyway, yang lolos :
  1. Muhammad Ayaz Dzulfikar, SMA YPVDP Bontang
  2. Agus Sentosa Hermawan, SMA Kr. Petra 2 Surabaya
  3. Stacia Edina Johanna, SMA Kr. Petra 3 Surabaya
  4. Michael Wibawa,SMA Kanisius Jakarta
  5. Turfa Auliarachman,MAN Insan Cendekia Serpong
  6. Christoper Samuel,SMA St. Louis 1 Surabaya
  7. Prabowo,SMA Sutomo 1 Medan
  8. Sergio Vieri,SMA Intan Permata Hati Surabaya
Minus MW



 Siangnya, satu per satu pada mulai pulang. Saya sendiri pulang besoknya, nginep dulu semalam sama Turfa dan Aldi.

Seperti tahun lalu, menurut saya P2 merupakan tahap yang seru. Orangnya masih lumayan banyak, dan udah pada saling kenal. Walaupun pada tahun ini, P3 juga cukup gila, dan P4 memang gila :)) Thanks for reading!

Some sort of trivia things :

-Makan malam saya cuma ada 2 kemungkinan : (mi / nasi) goreng.

-Minumnya cuma ada 2 kemungkinan : es (lemon tea / jeruk).

-Sekamar sama Turfa, tiap malam punya potensi digerayangin. Saya hampir mempertimbangkan tidur di kamar mandi

-Saya gak sengaja ngegencet kecoak di sela pintu kamar mandi. Akhirnya Turfa yang ngebersihin. Sekarang saya mengerti kenapa Terraformar benci manusia.

-Ketika orang lain bangun dini hari untuk sholat Tahajjud, saya malah download anime karena yang lain masih pada tidur

-Pagi saya cuma makan roti, supaya bisa dibawa ke kamar dan dimakan sambil nonton anime

-1 penakut + 1 penakut = 2 pemberani adalah kebohongan publik. Ada 2 orang yang nonton gameplay game horror dan pas nonton sama-sama nyoba nutupin layar pake kaki masing-masing

-Skill PES saya sangat cupu, saya cuma bisa menang lawan Fahmi dan itupun kadang-kadang saja. Singkat cerita, saya di dasar rantai makanan

-Kamar Fahmi sama Aldi biasa dipake ngumpul, cuma karena Fahmi kesel jadinya ada jam malam. Nyebelin Mi

-Saya biasa dikick dari kamar karena timnya Turfa bikin soal di kamar saya

-Kayaknya masih ada beberapa orang yang punya utang delivery sama Turfa. Seandainya masih ada ikhlaskan aja ya 

-Pelatnas ini memunculkan beberap Islam KTP. Bagi yang merasa mohon cepat  bertobat

-Bagi peserta pelatnas yang membaca ini, jangan khawatir kalo hasil kuis jelek. ngefur pas kuis masih bisa lolos di atas-atas lo

-Pertama kalinya saya menyertakan variabel berbentuk umpatan karena kesal parah. Kebiasaan buruk ini naasnya masih bertahan sampai sekarang

-Walaupun dilarang diskusi, diskusi singkat liar sering terjadi pas makan snack sama kalo mau sholat

-Terhitung sampai hari ini, belum ada yang ngerjain Toil for Oil. Mungkin pada baru mau ngerjain pas nyusun skripsi

-Setelah sholat dzuhur, biasanya terjadi pembicaraan yang range topicnya luas di meja makan

-Beberapa hari setelah Pelatnas, Stacia ngepost bagian math dari soalnya. Ternyata nyomot dari suatu buku olimpiade. Saya bersyukur tidak mengerjakannya

-"Shooting Banana" ngebug, Agus dan Ivan harus menghabiskan beberapa menit untuk membereskan sesuatu, lupa apaan

-Fun Contest berhadiah lo, coba tebak hadiahnya apa. It's an easy question though wkwk

-Pemenang Fun Contest : APJ,MRT,AKF. Dunno why my team won


Categories: ,

2 komentar:

  1. Balasan
    1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA KI WARA, DANA GHAIB YANG KI BERIKAN (500) JUTA ALHAMDULILLAH TERBUKTI, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB KI WARA_085242894584 SEMOGA ADA BISA SEPERTI SAYA. KLIK _DANA_GHAIB_DISINI

      Hapus