Jumat, 17 April 2015

Pelatnas 2 TOKI 2015 : First Week

Hai! :D Buat yang kelas 3, gimana UN-nya? Saya kebantai di dua mapel yang saya takuti btw :'( Sesuai janji (dan karena dikejar-kejar anon di ask.fm), kali ini saya akan menulis sebagian kecil dari pengalaman saya selama Pelatnas di kampus ITS.

Di tengah kesibukan kelas 3 (biar bisa lulus), tetap saja saya lebih tertarik untuk mengikuti Pelatnas. Seperti perkiraan, Pelatnas kali ini jatuhnya sekitaran Maret. Sebelum Pelatnas, ada PJJ yang seperti tahun lalu, ngambil soal dari beberapa OJ. Tingkat kesulitannya sebenarnya sedang, cuma saja ada satu soal yang butuh waktu lama sekali buat saya pahamnya  T_T . Selain itu, dari ngobrol dan ngeliatin sosmed, saya ngeliat kalau ada 2 orang yang mungkin tidak ikut Pelatnas. Yang satu akhirnya datang tapi telat (dan masih bisa rank 4), yang satu lagi tidak datang. Walau saya pikir nggak enak sama yang rank 17 di Pelatnas 1 (entah siapapun dia), tapi saya yakin kalau kita semua punya kondisi masing-masing.

Sesampainya di Juanda, saya langsung cabut ke penginapan yang sama seperti tahun lalu (Gardena). Tidak seperti tahun lalu, kamarnya udah dibagi sama panitia. Saya sekamar dengan Turfa (Om ganteng), dan kamarnya di pojokan. Ketika firasat udah gak enak, lebih gak enak pas udah masuk kamar.

Ranjangnya double bed.
Well, f*ck.
Parahnya, yang double bed cuma kamar saya :'

Habis itu saya main ke kamarnya Aldi sama Fahmi (yang bakal dijajah peserta sampai Pelatnas selesai), dan peserta lain mulai berdatangan. Pas ketemu, topik yang dibahas kelas 3 palingan sama : "TO lu ancur kagak?"

Besoknya pembukaan Pelatnas. Pembukaannya sih biasa aja, cuma yang mulai kaget pas dibilangin aturan latihan P2 tahun ini. Sekarang kita pakai SPOJ kecuali hari Jum'at untuk latihannya, alasannya untuk melatih gak nyampah (skill nyampah P1 tahun ini dan P2 tahun lalu luar biasa). Kemudian, kami gak boleh diskusi selama latihan (walau pas makan ujung-ujungnya ngobrolin soal juga :v). Terakhir, kalau sudah AC, kami juga harus nulis analisis kompleksitasnya, atau dengan kata lain kayak bikin editorial (ini yang bikin capek..). Oiya, karena latihan pake SPOJ, ini juga berarti kami bisa repeating kapan aja kami mau :v. BTW, pola soal latihannya lumayan acak, materi juga diberikan acak, pembahasan juga acak, intinya random,random everywhere :v

Selain itu, untuk seru-seruan, kami disuruh bikin soal untuk fun contest tahun ini, di mana kita yang bikin soal, kita juga yang ngerjain :v Kelompoknya dibagi jadi 5, saya sekelompok sama Prabowo sama Jonathan.

Karena latihannya pake SPOJ, saya rasa gak masalah kalau orang lain tahu latihan (penyiksaan) kami selama P2. Soal minggu pertama bisa dilihat di sini (note : silahkan tebak sendiri arti dalam kurung di list soal :v )

Untuk hari pertama, soal-soalnya masih relatif doable, walaupun soal GLUE butuh waktu lama untuk bisa ngerti maksud soalnya :s Soal RMOVIE gak bisa saya kerjain karena gak ngerti maksud soal, dan entah kenapa pagenya sering bermasalah di laptop saya :s

Untuk hari kedua, saya yakin minimal bisa kerjain 2 soal (SPECIALG dan VPL0_A). Saya kerjain dari SPECIALG dulu karena sebenarnya "simple", cuma perlu banyak analisis kasus. Setelah selesai bikin outline ide, saya mulai coding. Di sini mulai bencana :

*Ngetik* "Oh iya ya ada kasus begini" *Nambahin kasus*
*Ngetik* "Eh kalo begini harus diapain" *Berhenti*

Dan begitulah, code saya kecepatan pertumbuhan linenya luar biasa. Cobaannya belum selesai kok. Setelah disubmit, WA *banting laptop*. Saya yakin solusi saya sudah benar, jadi saya debug. Hebat, bugnya satu, kecil sekali. Soal lucu hari ini CTPLUCKY, ilmu "kira-kira" saya dipakai untuk menebak upper bound panjang jawaban :v UOFTCG pernah jadi soal fun contest P2 tahun lalu, cuma gak ada yang AC. Setelah mahamin maksud soalnya lagi, ternyata graphnya spesial. Ayo tebak grafnya bakal seperti apa :v Saya gak ngerjain OIL, ngeliatnya aja udah mual..

Hari ketiga, sebelum mulai latihan, Pak Rully ngasih "speech" terlebih dahulu, kayak ngejelasin main idea UOFTCG, sama bilang kalo OIL itu pake line sweep, dan itu jadi TA salah satu mahasiswa ITS (ini ciyus). Saya baru tahu ngerjain soal SPOJ sama bikin analisisnya bisa bikin lulus kuliah :O .

Untuk soal hari ini yang killer benar-benar killer kayak kemarin. DARKASLT saya kompleksitas awalnya mengerikan btw :v AVOIDSOS, karena salah ngitung kompleksitas, awalnya jadi TLE ~_~ Setelah ngerjain MONODIG, dari siang sampai sore saya ngerjain ALTARS. Karena malas ngerotate, saya copy paste untuk 4 kasus. Ujung-ujungnya WA gak habis-habis ~_~

Untungnya besok paginya AC setelah coding ulang..

Hari keempat, soal yang mudah malah tinggal 1 yaitu ALONE. Problem KAYKAY sebenarnya pernah Agus diskusikan sama saya, hanya saja pas itu kami sama-sama gak dapet solusi yang lebih baik dari O(N ^ 4) :| Setelah ngerjain ALONE, saya fokus ngerjain KAYKAY. Akhirnya AC, tapi timenya mengerikan, efek samping dari pakai teknik left-child right-sibling. Setelah itu sampe sore saya gak dapat apa-apa lagi :|

Malamnya, Agus masih frustasi karena KAYKAY nya ngebug dari pagi sampe sore. Akhirnya saya pakai skill debug saya ("Mata Elang"), dan walaupun gak ngerti codingannya Agus, saya bisa nemu bugnya :v Habis itu ditraktir Agus mi goreng :v Moral dari cerita : Skill ngedebug bisa buat cari makan. Setelah itu kami bikin solusi untuk ARCHI, yang sebenarnya simple. Saya rasa ini bagus juga untuk latihan buat OSN :p .

Hari kelima, kami ngerjain soal latihan di TLC baru. Soal-soalnya berhubungan dengan struktur data kayak Segment Tree, BIT, sama Range Tree. Ada 2 soal dari tahun lalu, di mana satu tidak bisa saya solve tahun lalu. Terharu juga ketika setelah setahun bisa saya kerjakan :') Oiya, di antara 3 soal yang berhubungan dengan strukdat, ada 2 soal yang sebenarnya lebih ke greedy. Saat ngerjain salah satu soal greedy :

*Bikin strukdat gaje* *submit* *AC, time sama memory horror*
"Rasanya greedy ini bener deh"
*Bikin greedy gaje* *submit* *Ac, time sama memory normal*
Hoki pol, desu.

Oiya, karena ketemu sama Pak Rully, saya sekalian minta hint buat soal SPOJ - TRIP2. Ujung-ujungnya, saya dikirim email solusi beliau untuk dipelajari, dan nantinya saya tulis analisisnya. Did i just get myself another homework? :|

Sabtunya kuis 1!Saya ngerjain dari soalnya urut dari P1,P2,P3 karena setelah baca, firasat saya urutan difficulty buat saya kayak gitu. Setelah habisin beberapa puluh menit buat P1,karena RTE (gak ngerti penggunaan memory + salah hitung), untungnya AC. Setelah itu, saya mulai ngerjain P2 dari ide dasar brute forcenya. Setelah yakin ide itu bener, saya buat versi optimal pakai Segment Tree. AC~. Dalam waktu 2 jam saya tinggal ngerjain satu soal. Saya dengan santainya mikir "Bisa ini fullscore"

I've never been so wrong.

Bahkan dalam 3 jam saya gak bisa dapet solusi untuk P3 T_T Score akhir saya 100-100-19, sama dengan 3 orang lain. Semua soal ada yang ngesolve, tapi gak ada yang fullscore.

Karena ada banyak waktu luang, sorenya saya habisin buat mahamin + ngerjain TRIP2. Ujung-ujungnya AC sih, tapi banyak bikin bug konyol dulu :s Malamnya saya saya Prabowo ngomongin soal, Jonathan gak ada soalnya ke GM buat beli kacamata (kacamatanya retak gara-gara suatu hal). Awalnya saya ngasih ide 1 soal, cuma terlalu lame. Habis itu, saya ngobrolin SPOJ - RLCAT. Saya iseng untuk nambahin satu hal gak penting dan satu hal penting. Ternyata, satu hal penting itu bikin solusi awal saya untuk RLCAT harus dirombak. Saya sama Prabowo sepakat untuk pakai modifikasi itu, sementara saya bikin solusi general, saya minta Prabowo bikin solusi untuk tc kecil dan deskripsi soal. Jonathan nantinya saya minta bikin testcase.

Hari minggunya, yang cowok-cowok main futsal. Seperti saat main ice skating, Kevin bilang "Gue jago main futsal". Hanya saja, gak kayak pas ice skating, dia ternyata sangat cupu, terbukti dia "mati" duluan. Futsal ini juga gila-gilaan, daripada futsal, lebih kayak bunuh-bunuhan. Ketika mau nyetak, Turfa yang jadi kiper sliding tackle dan terbukti sakit sekali. Selain itu, Agus sama Fahmi juga luka-luka. Kayaknya futsal ini ajang mengeliminasi pesaing. Selesai futsal, kami mampir ke mini market. Pas di mini market, ada boneka yang unyu sekali, sampe saya mau beli. Tapi saya urungkan niat saya karena harganya asdfghjkl. Setelah ketemu Jonathan, saya request untuk bikin testcase, sambil ngasih batasan-batasan untuk tiap subtask.

Sudah dulu ya~


Categories: ,

1 komentar: