Selasa, 27 Mei 2014

Pelatnas 3 TOKI 2014 : New Air

Haaah akhirnya niat menulis datang juga (Sebagian karena diingetin Rais pas JOINTS). How's life readers? Saya sendiri lagi apes minggu ini, buat yang belum tau, minggu kemaren ada final PCS JOINTS di UGM,di mana saya cuma bisa sampe di posisi 4, dan hadiahnya cuma sampe juara 3 D: yah mau gimana lagi, emang sayanya yang cupu + bad luck pas kontes ~_~

Okay anyway, sekarang saya mau nulis tentang pengalaman saya di Pelatnas 3 yang berlangsung selama 3 minggu di UI, dimulai dengan post ini yang menceritakan seluk beluk penderitaan aktivitas saya di UI, hope you'll enjoy this :)



Setelah Pelatnas 2 berakhir, apakah saya kembali ke kehidupan normal saya? ternyata tidak! Sekolah menyuruh calon peserta OSK buat latian menjelang OSK, yang berarti saya gak ikut sekolah lagi.Momen ini harusnya saya manfaatkan untuk nyicil materi Pelatnas 3, tapi karena saya sangat malas, materi yang sempet kecicil cuma max-flow sama bikin BBST, di mana dua materi itu tidak mungkin keluar di IOI :/ terus OSKnya gimana? Sukses lah,kan malam sebelum OSK saya ikut kontes April Foolsnya CF :v

Oiya,untuk PJJnya, kami disuruh ikut kontes US Open di USACO sama COCI.Jangan tanya hasil saya, ampas pisan, bukti nyata kecupuan saya :( Oiya, kami juga diminta akun CF serta Topcoder buat pendaftaran APIO (yang sampai sekarang saya gak tau buat apa), ujung-ujungnya saya cuma ngasih akun CF, iyalah wong akun Topcoder aja gak punya :))

Senin, tanggal 21 April saya pergi ke Jakarta.Saya diantar Bapak saya sampai Balikpapan, lalu lanjut ke Jakarta sendiri, dan kemudian dijemput kakak saya yang kuliah di UI.Habis itu, kami naik taksi sampe ke Fasilkom UI, yang menurut saya yang jarang kena macet (di Bontang gak ada macet cuy) memakan waktu cukup lama.Habis sampe di Fasilkom, muncul masalah baru : Di mana kami disuruh berkumpul? Karena bingung-ujung-ujungnya cuma duduk nunggu muncul orang yang dikenal, dan untungnya muncul kak Ammar sama Radit yang baru datang :D Terus kami diantar ke Nokia Research Center, dan ternyata Agus sampai duluan.Di situ saya dikasih tau kalo ternyata paginya kak Ashar email buat ngumpul di situ, dan apesnya saya gak ada buka email dari pagi :(

Habis itu, kami bertiga (Saya,Radit,Agus) diantar Pak Yugo(beliau dosen UI) ke tempat kami bakal tinggal homoan selama Pelatnas 3, yakni Hotel Bumi Wiyata.Kami bertiga kebagian kamar 202, dan ada satu hal yang saya senangi di hotel ini : ada Wi-Fi gratis! artinya saya gak perlu pake modem, mana internetnya kenceng lagi :)) Oiya, Pelatnas 3 ini juga saya pertama kalinya ketemu sama Stefano Chiesa a.k.a Ano, makhluk imba yang jadi target homoannya evan :p

Sebelum cerita tentang pelatihannya, saya mau cerita kebiasaan saya di sini dulu.Di sini, seperti pas Pelatnas 1 saya punya tugas mulia untuk membangunkan Radit dan Agus yang Naudzubillah susah kali banguninnya, butuh setengah jam untuk mastiin mereka bangun :/ Selain itu, sekarang tiap malam saya,MW,sama Agus udah gak main map aneh-aneh di warcraft lagi.Sekarang kami seringnya nonton atau main DoTA, btw niat banget tuh MW dateng tiap malam padahal kamarnya beda gedung :v tapi, kalo misalnya malem dia males balik ke kamar, biasanya dia tidur di sofa di ruang tamu atau ngebajak kasurnya Agus, lol :p Selain itu, saya sama Agus juga jadi getol delivery M*D, sampe kayaknya duit saya cuma habis buat delivery, soalnya sering males sama makan malamnya hotel :/

Setelah itu, seperti biasa kami pergi setiap hari ke Fasilkom buat materi sama latihan.Oiya, materi buat minggu ini:

  • Network Flow (Pak Rully)
  • Data Mining, spesifiknya Classification & Clustering (Kak Brian)
  • Heavy-Light Decomposition (Kak Chris)

Oiya, kalo pas Pelatnas 2 kami bisa buat kopi,teh,atau susu sendiri, di sini nggak.Tapi,sekarang tiap hari kami dibuatkan kopi oleh panitia, dan kopinya itu.. err.. susah diungkapkan dengan kata-kata, tapi intinya kalo udah minum kopi ini, dijamin susah buat ngerasain kopi biasa lagi (menurut saya dan Agus) Btw, pas Pelatnas 3 ini saya duduk di antara Agus sama MW (gak penting), dan Zamil punya kebiasaan baru : minta kertas ke saya selama 3 minggu pelatnas.Untung saya bawa banyak kertas binder -_-

Untuk materinya sih, menurut saya juga sangat menarik.Network Flow, yang merupakan materi di luar silabus IOI menurut saya juga menarik, karena tantangan sebenarnya di soal ini adalah memodelkan graph pada soal agar bisa dihajar dengan Max-Flow. Sebelum Pelatnas 3, saya cuma bisa ngoding Edmond-Karp, tapi demi mendapatkan tambahan 4 poin di satu soal (kena TLE di satu tc) saya belajar Dinic, yang ternyata gak terlalu ribet, kecuali Dinic cinanya Agus yang emang dia hapalin :v Btw, ada satu soal hari ini yang baru saya AC-in pas repeating, yang entah kenapa sudah saya copas dari codingan saya pas Pelatnas dan saya ubah untuk multiple tc tapi tetep gak AC sampe sekarang , bingung kena corner case kayak gimana :(

Materi hari selanjutnya, yakni Data Mining juga memberi tantangan tersendiri.Soal-soal tipe ini memang lebih menjurus ke permasalahan di dunia nyata yang nggak ada algo eksaknya, cuma ada algo yang mendekati kebenaran.Latihannya juga gak kalah seru, ada soal Language (IOI 2010),Art Class (IOI 2013),sama satu soal tentang Face Recognition.Walaupun nilai saya gak terlalu bagus di materi ini, I must admit, it was fun and challenging :D

Materi terakhir untuk minggu ini, yakni Heavy-Light Decomposition, secara garis besar adalah suatu teknik untuk menyelesaikan permasalahan Dynamic Range Query pada tree.Jujur, awalnya saya keder pas denger nama ini, habis kayaknya sangar abis.Pas udah nyari-nyari materinya.. ternyata gak ribet kalo mau bikin yang "pseudo" HLD :D untuk soal HLDnya, ada soal yang kalo gak salah input filenya sampe 85 MB.Mati aja kalo saya ikut, bisa-bisa kontesnya selesai baru selesai downloadnya, belum juga ngerunnya -_- selain itu, ada juga soal dari kuis dan simulasi pas Pelatnas 2 yang belum berhasil kami solve! Menjelang latihan berakhir, kami (Saya,Agus,Zamil) nyoba ngerjain salah satu soal kuis 1 Pelatnas 2, saya nemu teori gak jelas, yang masih belum bisa meng-ACkan soal itu, tapi cerita sama Rais sebenernya teori itu udah mendekati, cuma ada case yang harus dihandle juga :(

Hari Jum'at, seperti biasa agendanya speed practice sama repeating.Untuk speed practicenya sih gak terlalu masalah, standar lah, terus untuk repeatingnya juga gitu, bingung mau ngerepeat yang mana, padahal pengen mentokin Art Class sampe 100 tapi gak bisa-bisa :(

Hari Sabtu, Kuis 1 pun tiba

Untuk kuis 1 ini, nilai saya gak terlalu bagus (65-100-0), tapi ya mau gimana lagi, pas kontes ngeblank di P3 :( berujung di rank 5 kalo gak salah, tapi ya nilainya juga mepet-mepet sih :/

Oiya, malamnya ada kontes April-Fools daynya TLC, yang dipersiapkan sama kak Ammar.Seru juga sih ngerjain kontes begini, hitung-hitung refreshing :p Btw, karena kontes ini saya tau 2 hal gak penting :
  • Agus bisa ngoding Brainf*ck
  • MW gak bisa ngoding pascal
Untuk kontesnya sih, karen agak licik kami kerja bareng :p tapi ya gak masalah lah, dan karena kontes ini, sekarang saya punya akun khusus buat kontes di TLC, di mana yang tau mungkin cuma sangat sedikit :v

Minggunya, kami diajak ke Margo City buat nonton Transcendence (film yang membuat orang paranoid sama AI yang literally belajar) sama makan-makan.Oiya, di Margo City saya gak sengaja ketemu kakak kelas saya yang kayaknya bimbel di depok atau sejenisnya, saya gak tau (saya emang ansos :v)

Sekian dulu tulisan saya, kalo ada yang kurang berkenan.. ya udah deh biarin aja, capek nih :p wkwk.Kapan saya nulis yang minggu kedua tergantung kapan saya mood atau kalo udah diingetin terus buat nulis :v Sayonara!

Categories: ,

0 komentar:

Posting Komentar