Minggu, 06 April 2014

Pelatnas 2 TOKI 2014 : Last Week

Hi guys? sori lama baru ngepost, moodnya baru dateng sekarang :p anyway, tadi pagi saya ikut US Open di USACO, disuruh buat PJJ soalnya, dan soalnya.. dewa.Dari 3 soal, blas gak ada kepikiran satupun, jadinya saya cuma bisa nyampah di dua soal, dan soal terakhir malah ditinggal, pusing berat gara-gara pilek sih --"

Okay, back to topic.Jadi, di awal minggu terakhir ini saya udah ngerasa kalo ini minggu yang bakal bener-bener nentuin.Kenapa? karena minggu ini bakal diadain 2 kali simulasi, yakni ulangan pas pelatnas.Ya taulah kalo ulangan bobotnya lumayan tinggi.Minggu ini, materi yang diajarin juga tinggal sedikit, yakni:

  • Tarjan-tarjanan, seperti Bridge,Articulation Point, dan Strongly Connected Components(SCC)
  • String processing, seperti Knuth-Morris-Pratt dan Rabin-Karp
  • Trie
  • Materi tantangan (Math+Riddle)
Untuk latihan minggu ini banyak yang menarik, tapi dari segi pas latihannya sih.Contohnya, pas materi Tarjan latihannya ada yang harus ngetransform graphnya jadi DAG dulu dengan menjadikan SCCnya sebagai satu node.Waktu itu, saya dan evan kena runtime error karena stack overflow.Hilang akal, Evan nyoba menginline fungsi tarjan yang notabene rekursif, dan malah jadi AC! Padahal membuat fungsi rekursif menjadi inline itu suatu hal yang gak masuk akal :p Terus, pas latihan string ada soal yang perlu struktur data (kata Rais Radix Tree), kami nyoba trie, tapi kena MLE.Karena bosan, evan nyoba "Konstanta memory" dan nilainya naik dari 60 jadi 90! Saya yang menggunakan trie haram (istilah saya menyebut trie tanpa pointer) ikut nyoba main konstanta, dan nilai saya dari 40 jadi 80! keren banget, mengingat kodingannya Agus yang 160 baris beda 10 poin doang dengan saya yang cuma 40 baris :p

Anyway, kamis kami simulasi 1.Paginya deg-degan sih,soalnya pas Pelatnas 1 simulasi saya parah semua :( tapi yasudahlah, jalani aja.

Untuk simulasi ini, saya berhasil dapat skor 218/300 , 53-100-65.Pas simulasi 1 ini, urutan saya ngerjain P2-P3-P1, dan pas ngerjain saya expectnya P2 paling banyak AC (paling straight-forward menurut saya), dan menurut saya P3 tidak manusiawi untuk dikerjakan.Ternyata ekspektasi saya salah! Di antara peserta Pelatnas 2, yang AC P2 hanya saya dan Rais, tetapi P3 100nya berjejer di scoreboard, di mana saya kejepit 65 sendiri :( Habis simulasi, biasalah sharing-sharing skor, dan yang saya cukup kaget ternyata yang skornya >=200 bisa dibilang sedikit, kebanyakan dapet skor 147 (47 di P2 dan 100 di P3).

Sorenya, asisten ngadain kontes, stylenya ACM-ICPC gitu, setim isinya 5-6.Saya setim dengan Tico,Gentur,Evan dan Zamil di tim 2.Kami ngerjain soal-soal SPOJ, di mana soalnya kalo mudahya mudah banget(tapi saya tetep ngebug bego) dan kalo susah ya susah banget.Karena saya ngebug terus kayaknya jadinya kami juara 3 dari 3 tim, hiks.
Tim 2 + gabus legendaris

Tau lah kenapa begini
Jum'at jadwalnya kami materi tantangan, yang bawain kak Andy William.Kami diajarin Chinese Remainder Theorem dan Mod Inverse.Saya gak terlalu ngerti sih, saya cuma nangkep intinya Mod Inverse dari bilangan a kalo Modnya prima sama aja a^(Mod-2).Kami dikasih 2 soal SPOJ, yakni CRYPTO dan MAGIC4.Yang CRYPTO beberapa AC, imba parah lah Anthony bisa decrypt lumayan cepet :v yang MAGIC4 udah berhasi kami simplekan fungsi gajenya, cuma yang jadi masalah mengoptimasi program yang ditanyakan di soalnya.Sorenya, kami nyoba soal-soal riddle di SPOJ buatan Andy, yakni soal-soal yang prefixnya THINK, di mana THINKLOL yang kelihatannya impossible itu bisa diAC-kan dengan cara super :v

Sabtunya, as expected, Simulasi 2.Seperti sebelumnya, saya deg-degan, cuma gak separah pas simulasi 1, soalnya simulasi 1 udah bikin saya punya motivasi besar untuk lolos :)

Pada simulasi 2 ini, saya berhasil mengumpulkan 260/300, dengan nilai 60 untuk P1,dan 100 untuk P2 dan P3.P1 saya cuma bikin program brute force dan dirun tiap testcase, cuma untuk yang big gak bisa dibruteforce :p untuk P2, dari DP saya sebelumnya yang dimemo pake static array, saya ganti dengan map karena aslinya tabel DP-nya sparse banget yang diisi, e tau-tau malah AC :p untuk P3, saya udah pernah ngerjain versi simplenya yang cuma |S| cuma sampe 1.000, eh pas ke kamar mandi dapet solusi gila pake trie :p Ekspektasi saya, P3 paling banyak AC, dan P1 atau P2 paling sedikit AC.Dugaan saya salah! justru P1 yang paling banyak AC, dan P2 serta P3 malah sedikit sekali yang AC.Melihat hasil simulasi 1 dan 2 ini membuat saya termenung : Kenapa saya bisa ngerjain yang orang susah AC tapi saya gak bisa AC di soal yang orang-orang AC? hiks

Habis simulasi, kami diajak main DoTA sama asisten (Komputer lab diinstallin Warcraft 3, epic banget) Karena saya belum suka main DoTA, jadinya saya cuma ngelengkapin koleksi digimon (Minta ke kak Dewangga) dan main acakata.Habis itu, ada games untuk mengisi waktu sampe penutupan, di mana kami dibagi jadi 3 tim dan harus menyelesaikan games untuk mendapatkan kepingan-kepingan dragon ball QR Code yang katanya berisi pengumuman kelulusan Pelatnas 2.Gamesnya sih lumayan menarik buat saya, soalya kebanyakan games saya mikirnya kejauhan dan bikin kelamaan :))

Habis kamu semua selesai, ternyata QR Codenya kurang satu piece, yang bakal kami dapatkan di penutupan.Okelah kami ke penutupan.Pas penutupan, MCnya ngomong dengan menunjukkan hint bakal ada nyanyi di penutupan.Oke, saya mulai keringat dingin karena saya paling aktuf pas karaoke di kapal.Ternyata betulan kami disuruh nyanyi! untung yang maju ke depan semuanya, walaupun yang nyanyi mainly cuma saya sama Radit :p
Jangan tanya kenapa saya nyanyi pake itu


 Habis itu kami nonton video flashback (yang sialnya gak dishare :( UPD:video ada di bawah :) ), serta ada serah terima sertifikat secara simbolis, yang nerima Ngiong sama Putra.Habis itu, kami diberikan potongan QR Code terakhir! Setelah discan QR Codenya, kami dapat link yang menunjukkan video kelulusan kami.Awalnya, kami kira itu cuma video semua peserta (karena rasanya gak ada yang beda), tapi ternyata yang lulus diberi background biru! akhirnya kami minta videonya diulang, dan Alhamdulillah, saya lolos! berikut nama peserta yang lolos beserta urutan dipanggilnya:
  1. M. Rais Fathin Mudzakir (SMA 1 Bogor)
  2. Agus Sentosa Hermawan (SMA Kr. Petra 2 Surabaya)
  3. Muhammad Ayaz Dzulfikar (SMA YPVDP Bontang)
  4. Evan Putra Limanto (SMA Bina Bangsa)
  5. Christian Anthony Setyawan (SMA BPK Penabur Gading Serpong)
  6. Alfonsus Raditya Arsadjaja (SMA Kolese Kanisius)
  7. Zamil Majdy (SMA Semesta Semarang)
  8. Michael Wibawa (SMA Kolese Kanisius)


8 Besar + Bu Inge
Foto bareng Peserta dan Panitia

Sebenernya saya agak gak suka sama penutupan, terutama kayak di Pelatnas ini.Kenapa? karena berarti saya bakal kembali ke realita sekolah, bertemu pelajaran-pelajaran lain yang you know lah, dan artinya teman-teman seperjuangan selama Pelatnas ini dipotong separo lagi.Yup, walaupun saya orangnya rada cuek tapi kadang saya bisa sentimentil sekali.

Malamnya, sesuai request beberapa anak dan keinginan panitia, kami main futsal.Karena saya dasarnya payah di olahraga ya, jadinya saya paling cupu pas futsal :p Tapi ya lumayan lah, karena terakhir keringetan itu pas dijemur habis kuis 2 :)) Malamnya, aslinya pengen gak tidur, sudah gitu Agus juga semangat banget mau main+nonton semalaman, e taunya malah tumbang pertama -_- habis itu MW balik ke kamarnya, dan saya juga ikut tidur, biar paginya bisa nonton digimon sama packing dengan tenang.Besoknya, saya pulang tanpa ada kendala apapun selama perjalanan.

Mungkin cuma ini,cerita dengan penulisan yang parah yang bisa saya tulis saat ini.Semoga kamu yang sedang membaca ini tidak cuma rugi waktu membaca di blog ini :p

UPD: Video Flashback Pelatnas 2 ,sama videonya Tracy :p (sori kualitasnya jelek, padahal video aslinya kualitasnya bagus, gak tau habis upload jadi begini :( ) :


Some random quote i remember from Pelatnas 2 :
  • arena : "Kalian sekarang udah gak di Institut Teknologi Bu Inge,tapi Institut Teknologi Soelaiman"
  • arena: "Kalian tau beda kalian dengan saya?" desperado123:"SPOJnya pak"
  • azure97: "ngebaca kupaskode, kok kebayang bikin blog copaskode ya.Mottonya Copas,Submit,Tuntas"
  • dayatbflash: "Susu~"

Categories: ,

0 komentar:

Posting Komentar