Minggu, 28 April 2019

Last Post

Kayak yang aku bilang di post sebelumnya, ini bakal jadi post terakhir di blog ini. Nggak panjang-panjang amat kok :))

Pertama-tama, yang mungkin mau kutulis:

  • Kenapa bikin blog ini?
Gatau, bosen aja. Dulu pas SMP kan ada tugas bikin blog, jadinya ya ada blog ini. Habis OSN 2013, rasanya pengen nulis-nulis gitu. Jadinya daripada blog ini gak kepake ya.. nulis-nulis aja walaupun mungkin gak berguna. Terus dulu kan awal-awal ngeblog tentang P2 2014, yang mana responnya positif. Jadinya ya.. nulis-nulis aja, siapa tau emang ada yang kepengen baca.

  • Kenapa namanya "Baca Kalau Mau Baca"?
Sejujurnya aku sendiri udah lupa, lel. Yang paling mendekati sih kemungkinan ini: dari kecil, mamaku sering cerita tentang berita atau gosip di sekitar kompleks-ku. Dulu aku gak terlalu minat sama gituan (sekarang sih kalo lagi di rumah seneng aja denger gituan), jadinya aku sering bilang kalo aku gak tertarik. Mamaku terus pasti bilang: "ini berita, boleh didengar boleh tidak". Dari situ jadi mikir, "oh, jadi aku dengerinnya kalo mau aja". Jadinya ya.. "baca aja kalau emang mau baca, kalo gak mau yaudah"

  • Artinya nggak bakal nulis kayak IOI 2015, WF 2017 gitu-gitu?
Iya. Bukannya nggak kepengen, cuma ingatanku tentang masa-masa itu udah mulai fuzzy. Aku udah lupa beberapa hal. Daripada aku nulis seadanya atau ngawur, aku ngerasa mending gak usah ditulis.


Mungkin itu beberapa hal terkait blog ini yang pengen kutulis.

Selanjutnya, kenapa aku berniat ngestop blog ini. Jadi, dari beberapa minggu sebelum WF 2019, aku udah mikir-mikir buat pensiun CP. Rasanya aku nggak terlalu kepengen ikut kontes-kontes lagi. Seenggaknya for the rest of this season aku nggak kepengen kontes dulu (GCJ udah aku skip btw). Buat lanjutnya paling cuma ikut kalo diajakin, atau emang kontesnya gede (jadi kalo kayak CF round aku gak ikut). Cuma aku mungkin masih ngerjain soal-soal CP kalo senggang. Aku suka-suka aja ngerjain soal CP, cuma aku gak minat ikut kontes. Mungkin di bawah tekanan kontes emang bisa jadi lebih seru, cuma aku lebih suka ngerjain soal dalam mode rileks.

Lanjutnya, aku juga mikir kalo udah gak mau terlibat kepanitiaan atau organizing apapun yang CP-related, mau TOKI-TOKIan, ICPC, dll. Aku udah gak minat bikin soal CP juga. Terkait kenapa gak mau terlibat ginian lagi, jadi selama hampir 1.5 tahun belakangan ini pembicaraan ini sering terjadi kalo mamaku nelpon:

Mama: "Hari ini mau ngapain?"
Aku: "Mm leha-leha, ngerjain tugas, sama ngurus <insert pelatnas atau lomba di sini>"
Mama: "Mbok udahlah nggak usah ngurus gituan lagi, masa ngurus itu melulu."

Awalnya sih aku nggak terlalu ngurusin dibilang begitu. Cuma makin ke belakang... Rasanya waktuku banyak habis buat ngurus ginian. Terus juga, karena satu dan lain hal, ngurus ginian lama-lama tambah ngerasa ngebebanin buatku. Aku juga pengen ngelakuin yang lain.

Jadi habis gini aku udah gak mau ngurus begituan lagi. Ada beberapa hal yang lagi kuurus kayak P3 (karena sesuatu aku jadinya masih ngurus Pelatnas..) atau aku udah janji bakal bantu, semoga bisa aku urus sampe kelar dulu. Setelah ini, nggak lagi.

Aku ngerasa blog ini udah kayak catatan hidupku di CP. Karena aku ngerasa mau berhenti terlibat di dunia CP, aku rasa blog ini juga sebaiknya aku hentikan di sini juga. Mungkin aku suatu saat bakal nulis-nulis lagi yang gak terkait CP, tapi aku bakal nulis di tempat lain dan nggak di sini.

Akhir kata, terima kasih sudah membaca blog ini. Semoga bisa bertemu lagi di lain waktu.

Sayonara!
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar