Senin, 31 Desember 2018

Definitely Not a 2018 Post

Tentunya, ini blog post tentang 2018, lol.

2018 akan segera berakhir dan aku bakal ngelewatin tahun baru di pesawat. In fact, bentar lagi boarding. Aku mungkin bakal nulis beberapa hal penting di tahun ini, sama hal-hal yang lumayan aku ingat.

Ketua Ristek SIG CP

Aku daftar jadi ketua Ristek SIG CP. Kalo ditanya, motivasi kerennya supaya bisa ngajarin yang pengen belajar CP. Motivasi sebenernya sih, pengen mempertahankan tempat tinggal di Fasilkom (ruang Ristek), haha. Though yeah, aku lumayan seneng-seneng aja jadi ketua SIG CP. Punya junior member yang lumayan semangat, HRD yang bully-able, sama senior member yang pada kurang ajar. Semoga semua bisa mendapatkan sesuatu selama setahun di SIG CP, haha. 



Ikut 2 Lomba di Hari yang Sama

Nggak sengaja lolos CTF sama CP di Arkavidia, lol. CP-nya Alhamdulillah bisa rank 1, CTF-nya get rekt. Pas join ke CTF kondisiku udah puyeng sama lapar banget juga sih. Maafkan aku Fahmi sama Ricky yang kutinggal beberapa jam di awal :")


PPL

Matkul yang paling bakal diinget kayaknya, karena capeknya nggak ketulungan. Di matkul ini udah capek banget, bisa liat sifat-sifat buruk manusia juga. Kayaknya matkul ini yang lumayan bikin kacau jadwal hidupku di semester 6; Biasa ngoding buat PPL sampe jam 2 pagi, bangun jam 6 pagi buat kuliah, terus jam 2 siang sampe sore biasa tidur di Ristek karena ngantuk banget (skip beberapa matkul), dan ulangi lagi :s Kayaknya sampe sekarang saranku buat yang masih tahun kedua di Fasilkom, sebisa mungkin nyodok matkul semester 6 yang bisa disodok, karena semester 6 itu rasanya semester terlaknat di Fasilkom, paling challenging. Oiya, thanks buat teman-teman sekelompok yang membantu, maaf saya sering emosian hehe.

SC OSN

Oke ini udah tahun ketiga jadi SC OSN. Aslinya kayak SC lomba biasa, cuma lebih bergengsi (padahal cuma pernah SC OSN sama CompFest). Rasanya biasa aja sih :-? Hal-hal yang lumayan kuinget dari nge-SC OSN:

  • Menghabiskan malam minggu untuk nyari TC yang bikin solusiku atau solusi Rais salah. Jam 3 pagi akhirnya ketemu TC kecil yang bikin solusi Rais salah. Kembalikan waktu weekend-ku!
  • Submit soal dan keterima di OSN. Btw, soal yang kusubmit aslinya udah dibuat dari 2017, backup soal CompFest '_' Aku submit karena Ammar bilang soal yang masuk masih dikit banget. Di pagi itu juga aku ubek-ubek soal, nemu soal ini, terus bikin subtasknya dalam sekitar 30 menit. Entah kenapa SC-SC yang lain pada setuju soal ini dimasukin, dan cuma aku yang nggak minat masukin ini soal '_' Btw, nama soal aslinya K-FPB, di OSN jadi Festival FPB
  • Ngeracunin SC OSN yang lain buat nonton YowaPeda. Aku sendiri belom pernah nonton sebelumnya, cuma gak sengaja ketemu video ini di Youtube. Jadinya malah nonton YowaPeda
  • Dari semua SC OSN, yang laptopnya bisa dicolok kabel LAN cuma punyaku. Kayaknya ini alasan aku dibawa ke OSN, biar laptopnya bisa dicolok LAN terus bagi-bagi internet. Sense penamaan wifi masih kebawa YowaPeda, Andy -> Frank -> Fabian.
  • Oke yang ini bego. Jadi aku selama ini mengidentikkan kata "padang" dengan "padang pasir", dan ternyata... kota Padang lumayan hijau dan deket laut.
Abs!


Nggak nge-SC Pelatnas


Lumayan representatif lah ya gambarnya. Setelah 2.5 tahun berkutat di Pelatnas, tahun ini aku nggak ikut ngurus. Ada alasannya, cuma mungkin bisa didekusi dari post ini, lol. Walaupun gitu, kadang masih diskusi-diskusi sama Ammar terkait TOKI-TOKIan, terutama yang terkait Pelatnas sama OSN. Kayaknya walaupun udah nggak nge-SC Pelatnas, masih bakal terlibat juga, albeit indirectly.


ICPC Provincial

Bagian proker dari SIG CP Ristek, ikut-ikut ICPC Provincial. Tahun ini kami ikut Vocomfest sama Maranatha. Selain itu, aku juga ikut CPC CompFest, cuma junmem sama senmem-ku pada gak bisa ikut karena jadi panitia CompFest. Awalnya, aku nggak terlalu kepengen ikut, pengennya jadi coach aja. Cuma karena ada rumor duit dari fakultas bisa susah turun kalo nggak ada yang menang.. jadinya aku harus berusaha supaya menang. Oiya, kalo ada yang nanya "kenapa nama timnya rania semua?" Karena itu nama HRD kami yang bully-able. Tapi gitu-gitu, tim yang kedaftar dengan Rania jadi coachnya menang ICPC Provincial lho (VocomFest, Maranatha, CPC CompFest). World class coach emang.

Btw, aku sendiri ngerasa timku menang di ICPC Provincial ini lumayan karena hoki :")
  • Di Vocomfest hoki di penalty
  • Di Maranatha, Anab salah ngerti soal J (kalo gak salah, yang intendednya aneh pokoknya), terus Firman nekat submit aja padahal format output gak jelas. Ini malah first solve. Terus aku salah ngitung, kukira KPK 16 sama 24 itu 24 (harusnya 48), tapi malah tetep AC '_'


Asisten Coach

Awalnya merencanakan untuk nggak ikut ICPC tahun ini, terus bilang ke Pak Denny kalo bisa bantu-bantu terkait seleksi sama latihan. Jadinya ya, aku nyiapin soal-soal seleksi, terus diskusi juga sama Pak Denny terkait pembagian timnya. Cukup lucu juga karena di course SCELE aku kedaftar jadi dosen '_' Selain asisten coach ICPC, aku juga nyiapin soal-soal latihan buat tim yang lolos Gemastik. 

Note: Dan tak disangka, dapat duit dari jadi asisten coach '_' Tapi tak apa siapa yang gak suka $$


ICPC

Awalnya merencanakan untuk gak ikut ICPC tahun ini, tapi tetep "dipaksa" (perhatikan ini pakai tanda kutip) Pak Denny buat tetep ikut. Jadinya aku tetep ikut. Aku sendiri milih setim sama Degol + Inigo, memanfaatkan kekuasaan dari jadi asisten coach. Pantes orang senang berkuasa -- punya kekuasaan enak (jk). Kami dapat rank 5 di Jakarta (yey first time I got a silver medal!) dan menang di Hanoi (rather unexpected tbh). Jadinya ya, Insya Allah kami bakal ke Porto tahun depan buat WF 2019. Though, bakal susah latihannya, secara aku semester depan nggak di Indo :/ Moga aja masih bisa memberikan yang terbaik di WF deh.

Achievement unlocked: dipajang di depan Stasiun UI
tapi malu sih..

Note: lolos final Gemastik bisa lebih susah dari lolos ke WF


Kattis

Di awal tahun, aku mikir "coba liat tahun ini bisa sejauh apa di Kattis deh". Awalnya karena seneng aja ngerjain soal tapi gak ikut kontes. Selain itu, mungkin bisa ngebantu buat nyiapin matkul TKTPL (kalo semester genap biasa jadi matkul CP). Cuma ya karena emang niatnya supaya ini gak terlalu serius, aku cuma ngerjain pas waktu senggang dan kepengen aja. Sampai akhir tahun ini, udah deket sama top 100, cuma aku males ngerjain lagi :P


Afterword

Selain itu ada beberapa hal lain yang lumayan kuinget, kayak Pelatnas, Qlapa sama persiapan skripsi. Cuma entah kenapa males nulis, lol. Selain itu, ada juga beberapa hal lain yang lumayan depressing, kayak sesuatu yang terjadi deket akhir tahun, yang Alhamdulillah berakhir dengan baik.

Antara karena 2017 lumayan kacau, atau mungkin emang tahun ini lumayan lancar, jadinya 2018 terkesan berlalu dengan lumayan baik? In any case, banyak hal yang patut disyukuri di tahun ini :) Semoga saja yang baik++ dan yang nggak baik-- untuk tahun-tahun selanjutnya.

Aku bukan tipikal orang yang bikin resolusi buat 1 tahun sih. Kalopun ada, yang jelas nggak terkait CP. Mungkin sesuatu yang lebih berguna macam menjadi kurus supaya bisa cosplay kamen rider.
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar