Sabtu, 27 Januari 2018

Daily Life #1

Kembali lagi di mencoba konsisten menulis :P Dan ya, bingung cari judulnya. Nyari nama variabel aja udah susah, ini sekarang nyari judul.

Jadi kemarin baru menyadari kalau di SIAK, ada kelasku yang dipindah entah oleh siapa. Sebelum dipindah, posisi 55 / 50. Terus, pas ngecek lagi, kelas tersebut sekarang kuotanya 60 ~_~ Syedih. Konspirasi agar tidak mendapatkan kelas yang diinginkan.

Anyway, minggu kemaren ada pengumuman Arkavidia. Lolos CP, dan ternyata lolos CTF juga. Entah nanti belajar kagebunshin sama siapa. Oiya, itu nama tim CTF-nya ngajak gelut emang, Ini CompFest ITB?. Tapi bukan aku yang bikin namanya ya :P kalo mo gelut sama Ricky aja :P

Selain itu, aku juga ikut 2 kontes minggu kemaren, CodeCraft di CF sama Round 66 di CSAcademy. Yang CF rada fail, gagal C sama D. C kena tricky, D gara-gara ada bug off-by-one yang hebatnya baru kena di tc terakhir, yakni yang ditambah karena hack. Sejujurnya, udah rada males sama kontesnya. Tanpa bermaksud buruk, aku kurang suka kontes yang diadain orang India. Entah sejak kapan, aku udah mengasosiasikannya dengan soal-soal math aneh atau teknik-teknik yang bosenin. Bosenin di sini maksudku ngodingnya lebih sulit dari mikirnya, atau kalo gak tau yaudah mampus. Makanya aku gak aktif di OJ-OJ India kayak CodeChef dll.

Untuk contoh mudahnya sih, dari CodeCraft kemaren, ada soal G. Pas liat soal:

  • "Ah, ini yang or gampang pake loop 3 pangkat"
  • "Hmm, ini xor sama and kayaknya perlu aneh-aneh"
  • "Kayaknya kemaren Firman ada nunjukin tutorial sejenis FFT buat xor"
Habis itu aku googling dan nemu tutorialnya di CSAcademy. Bener-bener copas doang untuk ngerjain soal itu. Such wow, much fun. Soal D sama E juga aku rada males gitu ngerjainnya. Input gede dan TL gede, rada strict. Hazek.

Anyway, ini cuma opini pribadi aja ya. Terkadang ada soal-soal dari OJ India yang mindblowing, cuma karena udah rada negatif gitu opininya mungkin aku sering skip hehe. Ingetku ada beberapa soal dari Snackdown 2 tahun terakhir ini yang aku lumayan suka, cuma aku lupa soalnya yang mana.

Habis kontes rating-ku -3, kupikir padahal habis fail gitu bakal turun warna haha. Tinggal tunggu waktu aja sih turun dari merah :")

Setelah itu, ada juga round 66 CSAcademy, yang notabene cuma untuk div. 2. Yep, aku emang baru-baru aja aktif di CSA. Itu round 66 baru kontes ketigaku xD Kemaren pas kontes diselamatkan sama sistem penilaiannya CSA. Jadi, awalnya kukira D konstruktif parah, jadi aku skip karena lemah di konstruktif. Pas baca E, langsung tau itu pasti pakai eulerian tour, terus aku harus nyari-nyari codinganku dulu untuk nyari eulerian tour :""))) Setelah itu aku ngoding, dan ada masalah implementasinya, jadinya pusing gitu :"""")))

Habis itu, aku balik ke soal D. Melototin sample, rasanya ini kalo ada solusi pasti ada solusi yang nuker baris doang. Yaudah jadinya ngoding bipartite matching, eh AC :") Habis gitu balik ke E, dapet WA-WA karena nge-bug, terus berhasil benerin, dan AC :") Itu kalo pake sistem CF atau TopCoder pasti poinku rendah banget D sama E xD Untung sistem penilaiannya liat last submission sama penalty yang mayan rendah. Jadinya di round 66, rank 3 overall dan rank 1 official :") Naik div. 1 yeay 

Minggu depan udah TOKI Camp. Mau gak mau harus datang atau disembelih sama Agus padahal pengen naik gunung. Kemungkinan bakal ada perbincangan terkait OSN juga di camp. Masih galau pengen jadi SC OSN lagi atau ngajar di SMA-ku dulu. Sayang euy udah beberapa tahun gak ada medali lagi :"

Sekian dulu dah, hehe. Sampai ketemu di post selanjutnya
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar