Jumat, 12 Agustus 2016

Pelatnas 4 TOKI 2016

*bersihin debu*

Jadi mungkin sebagian besar dari kalian sudah tahu, kalau sekarang kontingen Indonesia untuk IOI sudah sampai di Kazan. Lomba benerennya masih 2 hari lagi sih mulainya. Padahal, sampai 2 hari yang lalu masih Pelatnas 4 loh. Sekalian bersihin debu di blog ini, aku mau nulis apa aja yang kulakuin selama P4, dari yang emang pas P4, atau yang technically di luar P4, kayak TOKI Open Contest Juli 2016. Apa kalian sadar kalau aku pakai kata ganti aku? Yah, habis kalo dipikir-pikir, "boku" lebih enak daripada "watashi". Dah, back to topic deh.

Persiapan P4 kalo gak salah udah dari sebulan~2 bulan sebelumnya. Masalah pertama justru nyari asisten. Kebanyakan anak TOKI di UI magang atau ada urusan lain pas masa-masa P4. Jadinya sampe nyari asisten dari luar. Untungnya, ada Prabowo sama Xing-Xing :") Selain itu, Irvin dihitung asisten ndak ya (?) btw, baru nyadar ini asistennya beda univ semua :O

Setelah asisten beres, masalah lanjutnya itu jadwal. Awalnya, Irvin udah nyiapin jadwal dengan asumsi Pelatnas 3~4 minggu. Terus kepotong jadi 2 minggu. Jeder. Potong banyak, gabungin banyak, jadi deh jadwal baru. Di jadwal baru, Pelatnas mulai ada latian dari tanggal 28. Jadinya, aku sama Prabowo beli tiket tanggal 27. Menjelang Pelatnas, tau-tau jadwalnya digeser sehari, jadi mulai ada latian dari tanggal 29. Which means kami kecepetan sehari. Jeder lagi. Untung aku udah bayar kos, kalo nggak mungkin kami menggelandang di sekitar UI.

Tanggal 27 aku pun cabut ke Jakarta. Pas di Jakarta, nungguin dulu Prabowo, biar bisa naik taksi bareng ke Depok (biar bisa patungan huehue). Sampe di kos, diminta ke UI dulu untuk ini-itu-buat-pelatnas. Nggak banyak sih yang dilakuin, cuma kontak Bu Aya, terus nambahin sublime sama apcalc di komputer yang nantinya dipake peserta. Sorenya, habis makan mi instan yang tentunya semua orang Indonesia tahu, kami balik ke kosanku. Nah, kan itu H-3 TOKI Open Contest, sementara masih banyak komponen soal yang belom siap :") aku sendiri belum bikin deskripsi soal sama sekali. Alhasil, malamnya aku bikin deskripsi. Entah kenapa, bikin solusi sama generator testcase rasanya lebih mudah daripada bikin deskripsi :"" Aku habisin 2~4 jam untuk bikin deskripsi Rammeow sama Ramduel :"" Oh iya, tengah malam ada sesi briefing bersama Irvin, yang Agus juga tau-tau nongol. Briefingnya biasa aja, yang ga biasa paling cuma habisin setengah jam coba nelpon HP-nya Irvin. Itu juga ga dapet hasil yang diharapkan. Belakangan diketahui itu karena Irvin retard.

Besoknya, setelah sukses bangun agak siangan, kami lalu siap-siap cabut ke Wisma Polimedia. Ya, nginepnya tahun ini di situ. Oh iya, walaupun gitu, aku lebih sering di kos, karena lebih nyaman juga, walaupun jadinya nggak dapet makan pagi sama malam x( Pas nyampe, ternyata pesertanya juga udah pada nyampe. Hasilnya, sore itu dihabiskan main CS. Malamnya, aku sama Prabowo nyicil urusan P4. Selain itu, aku juga mulai nonton Love Live! (jangan tanya kenapa).

Besoknya pun P4 dimulai. Setelah pembukaan, + aku ngebacot kayak briefing P4, peserta (kedepannya nyebutnya GoF ya :P) mulai latihan. Nggak ada yang signifikan sih buat hari pertama. Actually, masih harus ngetes-ngetes soal TOKI Open Contest sama simulasi P4, tapi karena aku ga bisa ngurutin prioritas, aku lanjut nonton anime. Oh iya, kayak biasanya, Pak Yugo bikin kopi di Pelatnas ini. Nah, berhubung aku tahun lalu ga sempet bikin kopi gegara P4 pas puasa, aku baru belajar bikinnya kemaren :P Nah, masalahnya, kopi yang dibikin kebanyakan gegara GoF pada ndak suka minum kopi :""" Akhirnya aku minum 3 gelas, sudah jauh lebih banyak dari dosis kopi yang kuminum selama satu tahun :"

Hari Sabtu, simulasi pertama P4. Sambil ngamatin simulasi, aku lagi-lagi nonton anime. Selain itu, juga nyoba update soal buat TOKI Open Contest berdasarkan review tester. Nah, terus hari ini, jumlah kopinya kayak hari sebelumnya, firasat nggak enak :( Habis simulasi selesai, istirahat sejenak, terus GoF dihajar Speed Practice. Karena bosen, aku sama Prabowo juga ikut :P ez win :P Di lain pihak, Ucrut, capek dihajar simulasi, bahkan udah ga kuat ngerjain soal Div 2 C. Lemah kamu crut.

GG WP
 Dan bagaimana nasib kopi yang banyak itu? Kuminum 5 gelas. Mati.

Sorenya, habis hujan-hujanan demi mencapai kos, aku nyoba internetan. Jahannamnya, inetnya CUPU PARAH. Jadi ngeri buat TOKI Open Contestnya, tapi bodo lah. Pas TOKI Open Contest, awalnya horor karena first AC nya aja cukup lama (10 menit), tapi ke belakangnya udah nggak terlalu masalah. Ada sih masalah, jadinya naikin memory limit Ramduel biar O(N^3) lolos pake int. Selain itu, aku agak kesel karena ada beberapa klarifikasi yang agak retard :/ tapi ya bodo lah. Oh iya, aku belum ngucapin sebelumnya, jadi congrats iafir for winning this TOC :D Most likely kami nggak bikin editorial, tapi ini quick solution per soal:

  • Rammon : Ad Hoc, cobain aja per tipe.
  • Rammeow : Misal left[x] menyatakan batas terkiri, sehingga subarray left[x]+1..x itu isinya unik. Pentingnya, left[x] ini non-decreasing. Solusiku untuk soal ini manfaatin binary search, rumus deret aritmetika, sama prefix sum.
  • Ramduel : print(input()). ada proofnya di olimpinfo
  • Ramdom : Bisa cek untuk masing-masing kasus, tapi ujung-ujungnya semua kasus bisa direduce ke suatu cara yang simple.
  • Ramdor : Untuk n >= 3, yang optimal itu nyobain per 3 orang. Oiya, strategi optimal orang jago pasti ngepick support, sampai support*2 >= banyak pemain. Untuk n < 3, harus hati-hati sedikit.
Malamnya, aku susah tidur, dan kebangun jam 3 pagi, terus nggak bisa tidur lagi :" Paginya, chat sama Irvin malah receh parah
jago = receh? karena Ammar juga receh
 Menjelang siang, pas mau tidur, dapet email dari Pak Rully perihal beli batik ke Margo. Ga jadi tidur dah :"" Aku lalu ke Polimedia, pas nyampe lagi pada main. Karena ngantuk parah, aku akhirnya malah tidur di kamarnya Sergio. Pas bangun, ternyata berangkatnya masih sore ;_;

Sorenya, aku, Prabowo, GoF, Pak Rully, sama Pak Fauzan berangkat ke Margo City. Nyampe di sana, ketemu Pak Yugo, terus milih-milih batik. Pas nganggur, jadinya ngomongin soal-soal peluang yang ceritanya kalo dipikir geje pol desu. BTW, berhubung Irvin belom dateng, jadinya ukurannya dia pake patokan ukuranku :P dan yang bikin kaget, ini Sergio sama Klungs kenapa bisa kurus parah ;_; Setelah beli batiknya, kami lalu makan di Marugame. Ini rada random sih milih tempat makannya :P Terus aku cerita kalo pas aku makan di situ aku ndak kenyang. Terus, berhubung Stacia makannya nggak banyak, aku dikasih separo udonnya :D Kurang lebih jadinya gini:

*makan udon*
*kenyang*
*minum teh*
*laper lagi*
Sial.

Habis itu pulang yey :v

Hari senin, diawali Speed Practice. Terus Xing-Xing udah mulai ngasisten :D Paginya, aku ngilang dulu karena mau ngurus ini-itu yang diminta kakakku. Alhasil, sprint Fasilkom -> FEB -> Barel -> Margonda -> Fasilkom. Untung 1 jam beres :D Balik-balik, nontonin Speed Practice, sama nonton anime + ngurusin pembahasan coderclass. Siangnya, aku bawain materi Randomized Algorithm, pake slide tahun-tahun sebelumnya, dengan sangat random. Kurasa aku ga jelas parah pas ngomong x( Habis itu, GoF lanjut latihan. Kayak biasa, Stacia sama Sergio kelar, sementara aku menghabiskan waktu ngetawain Ucrut.

Selasanya, ada materi dari Pak Stef tentang NT sama kriptografi. Pas baca-baca slidenya, ternyata mirip banget sama slide tahun lalu xD Hari itu juga Prabowo balik ke Medan :'( Sisi positifnya, jadi ada ngurus "gaji"-nya Prabowo ke Bu Aya, dan bisa ngeskip sebagian materi :P Walaupun ntar ada kena karma sih haha. Siangnya ada simulasi. Ada satu soal yang kuurus dan deskripsinya panjangnya kayak setan, untung ada yang ngerjain. Kalo nggak.. well.. :'( Sorenya, kayak biasa Depok hujan deras. Dan malamnya, berhubung hari selasa.. nge-rush beresin pembahasan coderclass sama Agus sampe larut malam :( kebiasaan deadliner ini ndak pernah beres. Sisi positifnya, pas selesai, bisa leha-leha selama seminggu lagi, sampe nge-rush lagi.

Besoknya, acara seharian cuma repeating soal pelatnas-pelatnas sebelumnya. Soal yang dibuka banyak pol desu, cukup yakin nggak sempet selesai semua. Karena pas P3 gak sempet jelasin, jadinya aku jelasin soal Elephants - IOI 2011. Ada 2 hal related to CP yang bisa dihighlight hari ini:

  1. Sebisa mungkin sebaiknya ada 2 orang yang nyiapin solusi.
  2. Kalo bisa, masukin testcase manual yang tricky. Karena manual, kecil juga nggak masalah.
Ini kutulis untuk reminder di masa depan juga.
Selain itu, aku juga lumayan terkejut pas ada yang solve soal yang kukira terlalu aneh untuk disolve. Btw, kalo ingatanku ga salah, hari ini pada main seri terbaru dari seri Henry Stickman, game yang aku tau gara-gara dulu adekku sering mainin :P yang baru ini kocak parah dah.
Seharusnya, aku udah mulai nyicil kerjaan untuk simulasi terakhir. Tapi, berhubung tanggung kalo ga nyelesein Love Live!, akhirnya aku nge-rush nonton 5 episode terakhir + Movienya.

Keputusan yang salah.
Karena setelah selesein semua bagian animenya, aku ngerasa hampa.
To the point besoknya pengen bawa bantal ke Fasilkom, dan tidur seharian.
:'(
Esoknya, niat bawa bantal diurungkan. Bukan karena gak etis. Tasku nggak muat kumasukin bantal.

Hari Kamis diawali simulasi. Sambil GoF simulasi, ngegalau + ngurusin kerjaan lain. Selesai simulasi, makan, lanjut sesi repeating. Kayak kejadian hari Sabtu, kayaknya udah susah fokus kalo udah dihajar simulasi. Semuanya solve 1 dari 3, terus udah gak fokus. Aku juga malah ngajak main ._. btw, kami main Get On Top, game absurd yang pertama kumainin pas P4 tahun lalu. Ez win ngelawan semua orang :P Ucup ngotot rematch karena kalah mulu. Cupz sih. Malamnya, rusuh beresin simulasi terakhir.

Hari Jum'at, aku bawa tas lain untuk bawa baju ganti, karena mau nginep di Polimedia selama tiga hari kedepan. Jum'at agendanya latihan doang. Secara logis, ga mungkin agendanya gitu doang. Pasti tengah-tengah main kan. Selain itu, si Ucup juga ada wawancara beasiswa, dan Klungs agak demam. Jadinya dibuatin tempat tidur darurat pake kursi, tambah bantal dari tas yang isinya bajuku.

Dewa Klungs kelelahan!
Pas Ucup wawancara, di komputernya ternyata ada essay beasiswanya kebuka. Iseng, aku, Stacia, Sergio, Xing Xing baca. Ada beberapa grammatical error yang ditemuin, tapi yaudahlah. Pasti udah disubmit juga kan. Cuma ya kenapa ga minta orang lain proofread dulu Cup :" Siangnya, pas ishoma, main Get On Top lagi, terus Sergio tau-tau udah jago x( Tentunya Ucup masih Cupz. Xing Xing juga sampe buka video orang main Get On Top di youtube :") Btw, pas main kami juga nyoba mainin dengan aneh-aneh.

still a better love story than twilight
Meanwhile, karena ngantuk, aku akhirnya pake tempat tidur darurat yang tadi dipake Klungs :P Biasanya aku bisa tidur 5 menit doang untuk fresh lagi. Si Ucup bikin code yang banyak pakai kata klungs, to the point that it was unreadable. Sorenya, balik ke Polimedia. Habis makan malam, ada pembicaraan geje yang terjadi antar cowok.


Setelah itu, biar besok ga kesiangan, GoF tidur, sementara aku sama Xing Xing tidurnya masih maleman lagi, ngobrol anime.

Besok paginya pun kami ke Fasilkom kayak biasa, telat dikit karena ga pake jalan pintas dan alhasil muter jauh x( Untungnya simulasinya ga pas jam 8. Oiya, simulasi yang ini nggak kayak biasanya, soalnya ini sparring sama tim Singapura. Ada 2 sesi, yang sabtu ini yang ngurus wong Indo, yang senin nanti wong Singapur. Untuk simulasinya, secara unexpected problemsetnya ternyata bagus :O Walaupun, aku ada buat blunder dan jadinya.. sedikit depresi. Pas simulasi, Klungs agak sakit, dan jadinya dibilang kalo misalnya udah gakuat, stop aja. Nah, menjelang akhir, skornya dia itu bagus, cuma belum nyampah di satu soal. Gregetan, jadinya aku malah live report klungs.

esmosi
Karena Speed Practice ditiadakan dan diganti BNPCHS besoknya, siangnya pun kami langsung balik ke Polimedia. Ucup beda sendiri, pergi ke tempat kakaknya. Di tengah jalan,

"Kecewa lah Yaz"
"Hah?"
"Kecewa"
"Hah!?"

Ternyata karena aku pake baju ICPC Singapura, di hari sparring Indo Vs Singapura. Sialnya, untuk sparring di hari senin aku bakal pake baju yang sama, berhubung baju yang kubawa ke wisma dikit parah.

Nah, pas balik jadinya bingung. Berhubung Klungs sakit, sebaiknya kan dia stay di wisma, karena IOI >> BNPCHS. Sementara itu, artinya harus ada yang jagain. Karena Xing Xing harus ke Binus, artinya aku yang stay. Ujung-ujungnya, ternyata ada ortunya Klungs, jadinya aku juga bisa ke Binus. Nah, biar Klungs ada porsi Speed Practicenya sendiri, alhasil aku juga nyariin kontes yang bisa dipake. Random pick juga sih ujung-ujungnya.

Hari Minggu pagi, udah pada siap-siap ke Binus. Klungs aslinya ngerasa udah enakan, cuma daripada parah lagi.. jadinya stay di Polimedia. Yang ke Binus jadinya aku, Stacia, Sergio, Pak Rully, Xing Xing. Ucup pergi sendiri ke Binus, untung nggak nyasar. Kalo diperhatikan, member ini cukup imbalanced:

  • Xing Xing -> Problemsetter
  • Sergio -> Peserta
  • Aku, Stacia, Pak Rully, Ucup -> Supporter (?) Tukang rusuh (?)
Kayaknya mulai hari ini juga aku kebiasaan ngomong "Nico Nico Nii" walaupun nggak terlalu suka Nico. Karena Xing Xing, jadi ada variannya, "Ucup Ucup Nii". Kayaknya pas registrasi kami rusuh parah deh xD Pas pembukaan juga, ide-ide liar ini keluar:

  • "Xing, tempat beli lightstick deket sini di mana ya? Ntar acung-acungin pas Sergio dipanggil" -Aku
  • "Ndak pake balon yang biasa di main bola itu kah?" -Stacia
  • "Ntar gini ga sih, pas Sergio AC kita teriak dari luar, WOOO SERGIO AC SOAL X" -Lupa
Oh iya, tadi kan dibilang ini BNPCHS buat Speed Practice. Entah banyak yang tahu apa nggak, tapi biasanya di BNPCHS emang ada yang ngedummy, dengan berbagai alasan. Nah, Sergio kan ikut sebagai peserta. Ucup sama Stacia ngedummy. Aku juga ngedummy sih. Salah satu alasan aku ngedummy, biar bisa memperkirakan level peserta untuk CPC CompFest nanti >:)
pindah Binus
Habis pembukaan yang sedeng-sedeng aja, peserta pergi ke ruang lomba. Aku, Ucup, Stacia ke ruang tempat para dummy berkumpul. Xing Xing ke tempat panitia. Pak Rully? Ilang. Entah ke mana. Tak ada yang tahu.

Pas di ruang dummy kan dikasih komputer masing-masing. Nah, jadinya bisa liat scoreboardnya practice session. Ngeliat banyak submission yang kenceng banget, aku malah jadi penasaran, ini orang-orang tau tujuan sebenernya practice session apa nggak :/ Tapi daripada mikirin itu, ada masalah yang lebih penting. Pertama, ndak bisa login. Habis itu, Felix Jingga yang ngurus. Habis ndak bisa login, yang bisa dipake cuma Visual C++. Ada Notepad++, tapi ga ada g++, kalopun ada ga bisa setting environment variable. Panik, Ucup download installer devc++, terus install di tempatnya sama Stacia. Pas di tempatku malah ga kebaca OMG. Terus, ngecek soal yang di website lomba, GG pol desu. Ada PDF, tapi isinya cuma "Soal BNPCHS 2016 Final Round tersedia dalam bentuk tercetak". Like, dafuq. Ini udah habis waktu practice session, dah mau mulai malah. Akhirnya, bisa install devc++, telat semenit atau 2 menit doang untungnya.

Pas mulai, Xing Xing bagiin bentuk tercetak soalnya. Aku lalu baca-baca sekilas. Ah, A ad hoc doang. Paling formatnya aja rese. Luckily, aku tau cara pake scanf sama printf yang bikin mudah soal ini. AC dalam menit yang sama kayak first solve soal itu di kontes aslinya xD Habis itu, aku lanjut baca soal. Malah baca E dulu. Oh, DP sama faktorisasi doang. DP-nya bisa di-speedup dikit pake kayak sliding window. Coding, terus AC \ :v /

Habis itu liat scoreboard resmi, syok ngeliat udah pada AC 3 :O Jadinya, lanjut ngerjain I yang intinya faktorisasi aja, sama F yang brute force ikutin soal doang. Setelahnya, aku baca soal G, yang Alhamdulillah ada penjelasan samplenya :" Coding kombinasi pake mod inverse, terus AC. Nah, habis itu ngeliat soal B. Oh, 0/1 BFS aja. Bisa pake deque. Ngoding, submit, WA.

Wat. Wat. Wat.

Yakin bener, aku coba assert-assert. Terus nemu kalo ada testcase yang ga ada transportal x( Habis itu, bikin asumsi-asumsi liar, dan akhirnya AC :O Setelahnya, aku baca soal H, dan nyesel ngerjain B dulu, karena soal kayak H itu udah lumayan sering kuliat :( Sisanya tinggal C, D, J. Rasanya udah pernah liat C, tapi D juga keliatan doable. Ngeliat D constraintnya lumayan kecil, aku bikin DP yang kompleksitasnya kayak 200^4, tapi mutusin YOLO aja. Terus AC. Habis gitu, ngerjain soal C, yang proof solusi greedynya ketemu sambil nge-construct solusi. Di menit 117, tinggal soal J \ :v /

Habis itu Xing Xing masuk, dan karena udah waktunya makan siang, kami putusin buat beli makan dulu di KFC terdekat. Kan belinya buat aku, Xing Xing, Ucup, Stacia, Pak Rully. Pas balik, aku baru inget kalo PAK RULLY NGGAK MAKAN AYAM. Terus panik. Tapi yaudah deh, semoga ada jalan. Sampe di Binus, ngajak Stacia sama Ucup makan dulu, habis itu sholat dzuhur. Sesudahnya, liat scoreboard, si Sergio udah leading parah. Aku sendiri males ngerjain soal J karena rada matik, dan firasat harus pake extended euclid, yang diajarin Pak Stef tempo hari tapi nggak kuperhatiin :( Begitu Sergio udah AC 9, yang kulakuin malah "Duh Ser udah Ser jangan AC semua lah". Begitu Sergio AC 10, damn. Yaudah kerjain J. Bikin brute force + math, di submission ketiga AC :O :O :O Total penaltyku lebih dikit dari Sergio yey \ :v / walaupun seandainya aku ikut kompetisi aslinya pasti performaku lebih rendah :P

Setelah itu, kompetisinya selesai, dan peserta udah bisa leha-leha. Meanwhile, aku stres karena Pak Rully ilang dan gak bisa dihubungi. Jadinya ya, sambil nunggu disuruh ngumpul buat pembahasan, penutupan dll, kami ngobrol-ngobrol dulu, sampe akhirnya Pak Rully nelpon, dan kami semua jalan ke tempat yang tadinya dipake pembukaan.

Habis makan siang peserta, agendanya pembahasan-yang-super-singkat-that-i-dont-even-know-if-contestants-will-understand-the-main-idea. Pas sesi pengenalan Binus, sesuai rencana, aku sama Ucup turun buat sholat ashar. Pas balik, ternyata masih sesi pengenalan. Wew. Setelah beberapa lama, akhirnya pengumuman pemenang. Rank-nya udah lumayan predictable sih sebenernya, kalo ngeliat sebelum freeze :/ Nah, terus Sergio dipanggil.

"... Dan champion dari BNPCHS adalah!!!!!"
*Pak Rully berdiri*
"Sergio Vieri!!!"

*dalam hati* "Wah, Sergio jadi tua dan besar"
Terus ketawa-ketawa sama Xing Xing xD

Di sini aku masih sendiri...

Sampai om datang untuk menemani
Congrats untuk para pemenang! Though, sebenernya aku expect lebih dari kalian, terutama medalis OSN dan veteran Pelatnas. Nope, bukannya aku nganggep kalian cupu emang cupu sih , tapi kalo ngeliat performa OSN serta Pelatnas, dan soal-soalnya, harusnya kalian bisa lebih dari ini.

Setelah penutupan, kami lalu cari makan malam. Kayak tahun sebelumnya, hari minggu adalah hari suci "konspirasi menghabiskan uang makan yang jumlahnya gede". Jadi, tujuan utamaku ke BNPCHS bukan ngedummy, tapi cari makan enak. wkwk.

Konspirasi duit makan
Setelahnya, balik ke Polimedia, nonton, ngobrol-ngobrol, tidur.

Paginya, aku beres-beres karena hari itu aku mau balik ke kos. Hari itu juga, si Irvin sampe Indo, walaupun ujung-ujungnya kena macet di jalan. Kalo sparring sebelumnya baik soal maupun OJ-nya dari orang Indo, sekarang soal sama OJ-nya pake punya Singapura. Pas kontes, karena penasaran, aku nyoba-nyoba soalnya juga. Sampe akhirnya males karena ada soal tipe kreatif yang deskripsinya panjang kayak setan x( Tengah kontes, si Irvin dateng. Terus, pas siang-siang, aku, Irvin, Xing Xing makan sate di kantin Fasilkom yang emang enak itu. Siangnya dilanjutin repeating. Sementara Irvin ngurusin Dengklek Contest, aku yang harusnya nyicil pembahasan coderclass, malah ngeretard. Sorenya, adanya penyesalan. Baru inget hari selasa bakal pamitan, yang berarti waktu yang bisa dipake bikin pembahasan berkurang x( Jadinya malam itu pembahasan aku kebut dikit. Nah, pas ngetes solusi, ada dampak gara-gara ngurus soal functional kayak IOI. Seharusnya:

printf("5\n");

Malah jadi:

return 5;

Masih ada kebegoan lainnya, tapi kuskip aja yah :(

Besok paginya, kami lalu cabut ke Kemdikbud di Senayan. Jadi inget pelepasan tahun lalu, mana aku perginya pake batik IOI tahun lalu :') Pas di sana, kayak biasa, ngaret. Untung bawa laptop. Jadinya nyicil coderclass lagi hueue. Habis itu, pas orang-penting-yang-aku-lupa-siapa masuk, beresin laptop, terus mulai acara formalnya. Terus foto-foto.

Go get Golds!
Sumber: Pak Yugo

Extended edition
Sumber: Pak Yugo
Habis foto-foto, agendanya udah lumayan bebas. Terus, malah nyambung ke pembicaraan "apa nama panggilannya Irvin pas masih kecil?". Muncul spekulasi seperti Jojo, Jono, Mojo, Mojo Jojo, dan lainnya. Terus Xing Xing nanya mamanya, dan keliatan puas sekali. Tapi karena dia pelit, nggak dikasih tau ke yang lain.

Setelahnya, ada pembicaraan antar pembina tentang Bebras. Kami juga dengerin. Nah, aku ga sengaja ngeliat pas Xing Xing bales sms mamanya. Jadinya tau nama panggilannya Irvin pas kecil. A very kawaii nickname indeed. Habis itu, balik ke wisma. Nah, kan pesen mobil. HP-nya Xing Xing sinyalnya weak. Jadinya pesen pake HP-ku. Terus begonya, mobil kami beda. Padahal aku mau langsung balik ke kos :""" Untung gap kedatangan kami di Polimedia ga beda-beda banget. Malamnya jadinya fokus ngerjain pembahasan coderclass sampai deket tengah malam. Gamau deadliner lagi deh :'(

Note: kalimat terakhir itu pasti bakal dilanggar.

Di beberapa paragraf sebelumnya, aku ada nyebut Dengklek Contest kan ya? Jadi ini kayak tradisi tahunan sejak 2011, dimana di P4 ada kontes yang isi soalnya mostly ngetroll. Nah, untuk tahun ini, beda formatnya sama tahun lalu. Actually tahun lalu sih yang formatnya beda sendiri. Jadi untuk tahun ini, ada 3 tim, yaitu:

  • Tim Deng, Sergio + Ucup
  • Tim Klek, Stacia + Klungs
  • Tim Guest a.k.a. Asisten, Aku + Xing Xing
Dengklek Contest ini kayak nandain penutupan P4. Which means dilakukan hari Rabu, 10 Agustus. Pagi harinya, aku bangun kayak biasa. Sholat kayak biasa. Mandi kayak biasa. Sampe pas keramas, aku ngerasa ada yang aneh.

*keramas*
*naruh shampoo*
"Perasaan biasanya naruh shampoonya ga di situ deh"
*mikir*
"Dafuq tadi itu sabun cair gobloook"

Udah pertanda ga enak sebelum kontes.

Terus aku pergi ke Fasilkom, dan ternyata bisa sampe lebih dulu, bahkan setelah 10 menit kupake sarapan. Habis briefing Dengklek Contest, kami ke workstation masing-masing. Karena ini ajang seru-seruan, jadinya kami (aku + Xing Xing) ngeretard. Bikin template yang kayak gini. Oiya, aku nulis "nico nico nii" nggak pake googling, jadi kalo salah maapkeun.

Di kontes kami ribut parah :") Dapet non-zero pertama dengan manfaatin apcalc yang kuinstall sebelum P4 mulai :P Habis itu ngerjain soal yang intinya nyari password suatu user. Kejadiannya:

*masukin nama user ke search bar*
*keluar error, usernya ga ada*
"dafuq, ini ngapain kita cari passwordnya kalo usernya aja nggak ada"

Setelah ngespam untuk soal itu akhirnya dapet 100 :") Terus kami balik ke soal pertama kami, dan nyoba oret-oret. Sementara itu, ada yang AC soal yang keliatan serius, dan Alhamdulillah aku dapet solusinya walaupun ngebug retard dulu :P Habis itu kejar-kejaran gila sama tim Deng. Tim Klek? GG WP. In the end, kami menang berkat sampahan di P1 xD Makanya sering-sering nyampah xD

#klungs #uminisasi #niconii
Siangnya, ada sesi sama Pak Sur. Terus naasnya si Ucup sakit. Jadinya dilarikan ke RS dulu, periksa sama minta obat. Sorenya, karena tinggal foto-foto doang, Ucup dikirim balik ke Polimedia duluan, sementara aku balik ke Fasilkom. Habis itu, foto-foto. Oh iya, Sergio dapet coffee maker karena poinnya paling tinggi di P4 ini.

Congrats Ser!
Sumber: Pak Yugo

GoF - {Ucup}
Sumber: Pak Yugo

Apa aku masih cukup muda untuk dianggap GoF? :D
Sumber: Pak Yugo
Sorenya lalu beres-beres kos, dan cabut ke Polimedia. Dikasih puzzle Hanayama sama Irvin, yang puzzlenya lebih di nyusun daripada ngebongkar :( Klungs, Xing Xing, sama Irvin terus main Coup, ditemani aku nyetel "Bohong Bohong Bohong". Sukses ngerusak konsentrasi.

Besok paginya lalu pergi ke Soeta. Terus ngeliat kopernya Irvin yang ajigile gedenya. Pas udah di Soeta, artinya udah mau perpisahan. Aku sebenernya tipe yang bingung kalo acara gitu ngomong apaan. Rasanya ada yang mau diomongin, bingung nyampeinnya gimana.

Jadinya yah, pesan untuk tiap GoF:

  • Sergio: Jangan retard-retard, tetep pertahankan kebiasaan untuk nyampahin tiap soal.
  • Stacia: Jangan terlalu terfokus di satu soal, inget untuk bagi waktu di soal lain.
  • Klungs: Kayak Stacia sih. Oiya, mungkin kamu harus maintain kondisi saat performa optimalmu? :P Walaupun tentunya bahaya kalo kamu sakit di sana. Jaga kesehatan desu.
  • Ucup: Jangan terfokus di satu soal, sama BACA SOAL LEBIH TELITI. Semoga aja nggak masalah karena ada translasi soal untuk tahun ini. Jangan sampe kepisah dari rombongan, kamu kayaknya kalo ilang bisa ditemukan tinggal tulang.
  • Semua: Maintain kondisi yang bagus pas lomba. Secara pribadi, aku sendiri ngerti rasanya under pressure pas kontes (remember i said it took me 1 hour to write sort for scales?) Kalo perlu, beberapa kali ke WC aja. Sama yang udah Irvin tekanin sama aku tulis di atas, jangan lupa nyampah :") last but not least, have fun! Kontes emang penting, tapi jangan lupa bersenang-senang juga :D Mungkin karena game kalian bisa saling unfriend kayak kejadian tahun lalu :P
Welp, rasanya masih ada yang pengen kubilang lagi, tapi sementara ini aja dulu deh :" Semoga pas kontes nanti aku sama Agus bisa bikin commentary di FB yang bagus :D dan semoga ga wacana lol.

Walaupun roleku di sini cuma sebagai asisten sama babu SC , aku pengen berterima kasih sama semua orang yang terlibat di P4 ini, karena tanpa kalian semua, acara ini gak bakal kayak gini :")

Sekian dan sampai nanti lagi! :D

Trivia, in a random order:

  • Jerawat di hidungku yang gede banget itu pecah 2 kali pas P4. Darahnya keluar banyak, to the point i said "Waduh! Pecahkan jerawat, mahasiswa ini dilarikan ke rumah sakit"
  • Dan ketika aku bersihin darahnya pake tissue, Xing Xing kira merah dari darah itu pola di tissuenya...
  • Dapet ilmu kalo soal aneh-aneh itu dapetnya dari ujian matdis.
  • Ada yang tahu arti klungs? Karena ada #klungs di twitter pinoy. Sampai sekarang gak ada yang tahu artinya apa.
  • "Kita harus lebih kuat dari kita yang dulu" -Ayaz, setelah beberapa kali ga bisa buka tutup botol minumnya sendiri.
  • Setelah kejadian 5 gelas, karena aku yang bikin kopi, selalu kupastiin siapa aja yang mau minum.
  • Narik susu ternyata menyenangkan.
  • Orang yang bisa ganti galon tanpa basah itu pasti dewa. Aku sama Xing Xing ganti galon, hanya untuk "mandi".
  • Once i said "Klungs, aku papamu". Ga ada yang berani extend joke itu pas ngomong sama mamanya Klungs.
  • Meng-counter recehnya Irvin, dibuat joke "klungs" dan "oren" secara bertubi-tubi sampai Irvin kesel.
  • Mungkin beberapa sadar, kaos P4 ini mirip P1 2016. Bedanya, ga ada orang kribo di belakangnya. So yea, it's like P1 punya, but cooler.
  • Rei-chan, Rudo Reina, adalah karakter original antara aku dan Xing Xing yang sumber inspirasinya kurang lebih mirip Irwanto antara aku dan Agus.
  • As a side note, aku tahu siapa itu user ReynaldoWijayaH dari TOC Juli :P
  • Kenapa ada #uminisasi ? Karena yah.. reasons.
  • Grup asisten namanya Tukang Makan Pelatnas 4 TOKI 2016 gara-gara aku sering nanyain soal makan :P Terus Prabowo juga ikut nanya makan :P
  • Related to klungs, pas aku ikut nganter ucup ke RS, ada yang nyari klung di FB, dan nemu orang dengan nama Klung Koon Klung :O
  • Ada sendal croc hitam yang ketinggalan di kamarku sama Xing Xing. Kasihan ga ikut ke Kazan >.<
  • Apalagi ya hmm...
Categories: ,

3 komentar: