Senin, 19 Januari 2015

Summing up My Last Week

Sebenarnya, saya udah tertarik buat nulis ini dari kemarin, tapi entah kenapa jari saya selalu malas untuk mengetik :') Entah kenapa, saya tertarik untuk nulis apa yang terjadi seminggu terakhir, supaya bisa mengingatkan diri saya di masa depan untuk beberapa hal yang menyenangkan dan yang tidak :P

Sudah minggu kedua sekolah di semester terakhir saya di SMA (kalo lulus :v), tapi begonya niat belajar belum bener-bener kuat :s Walau saya sudah mau nyicil pelajaran, tapi entah kenapa niat itu susah sekali dimunculin. Mungkin saya harus terus motivasi diri sendiri :/ Anyway, minggu ini ada event jarang, yakni perpisahan sama ketua yayasan sekolah yang beberapa hari yang lalu pensiun. Karena saya sudah merasa acaranya paling begitu-begitu saja, jadinya ya.. saya main game sejenis Clicker Heroes di HP teman saya :P Entah kenapa saya senang main game "time waster" seperti itu.

Minggu ini juga, saya tidak sengaja menyadari bahwa adik saya telah berkembang (menurut saya tentunya). Kenapa? Sekarang dia suka nonton Doraemon :') Bangga rasanya :') Gara-gara adik saya juga kemarin saya nonton sejenis parodi Doraemon di youtube, kalau tertarik bisa dilihat di sini. Adegan pintu ke mana sajanya benar-benar unexpected buat saya xD

Selanjutnya, pada Jum'at dan Sabtu saya harus mengikuti pretest yang dilakukan bimbel yang dibayar sekolah. Sistemnya mirip Try Out sih. Sekedar info, pas semester 1 sekolah saya sudah ngadain 2 kali Try Out, dan dua-duanya terjadi ketika Pelatnas 1 :') Jadi intinya, ini Try Out pertama saya di sekolah. Sedihnya, pola yang sama terjadi ketika ngerjain soal biologi, kimia, dan fisika :

*Baca 3 soal pertama
"Wah kayaknya bisa nih ngerjain"
*Baca soal-soal selanjutnya
"Dafuq ini apaan"

Hasilnya belum diumumin sih, tapi saya rasa untuk 3 mapel itu dapet 50 aja udah keajaiban :')

Sabtu malamnya saya galau ikut COCI atau nggak, masalahnya saya ngerasa capek banget akibat seharian di sekolah. Tapi yasudahlah, toh saya biasa COCI jelek, jadi gak ada ruginya kan ikut :P Saya cuma ngerjain seadanya dan kebanyakan cuma ngoding gak jelas. Bahkan ada soal yang saya cuma tertarik nyampah pake pruning (di source codenya juga saya kasih comment "nyampah sayang"). FYI, nama soal itu JABUKE. Setelah ngerjain 4 soal pertama dengan niat dan 2 soal terakhir dengan malas, saya tinggal buat chat di FB. Habis itu nungguin sampe kontes berakhir dan hasilnya di grade. Setelah nunggu sekitar setengah jam lebih dikit, tau-tau resultnya udah keluar. Seingat saya kejadiannya kayak begini :

*liat result, kebuka di bagian atas
"Wah ada namaku"
"Eh?"

Entah bagaimana caranya tau-tau dapet rank 1! :') Entah bagaimana, solusi saya buat JABUKE AC (saya baru tahu servernya COCI kayak setan). Saya rasa ini pertama kalinya COCI saya bisa bagus, karena sebelum-sebelumnya hancur terus rasanya :') Semoga aja bukan hasil bagus terakhir kalinya deh :) Walaupun waktu itu udah mepet dengan mulainya Facebook Hacker Cup Round 1, karena saya ngerasa ngantuk parah, saya putuskan untuk tidur dulu.

Paginya, saya langsung nyoba ngerjain Hacker Cup. Ngeliat 3 soal pertama, Alhamdulillah langsung kepikiran solusinya (Precompute, Trie, DP). Tetapi pas ngerjain soal kedua, saya shock ketika ngeliat input sizenya. 20 MB! Yang internetnya lemot gimana coba :| Alhamdulillah pas pagi internet saya lumayan kencang :') Setelah itu, saya mikir agak lama buat soal ke-4. Setelah bertapa (baca : boker), saya baru kepikiran kalo itu bisa pake DP on Tree. Hanya saja, saya gak tau batas harga yang dipakai. Akhirnya saya nembak 10 :p Setelah download input (yang sizenya gak waras juga), saya coba run. Di sini terjadi bencana akibat terlalu mikirin DP tanpa mikirin batas N. Karena saya bikin top-down, program saya ngalamin stack overflow! Karena panik, saya gak bisa mikir apa-apa untuk menyelamatkan soal itu. Akhirnya hangus deh :'( Sedikit ironis karena beberapa hari yang lalu ada yang nanya masalah stack overflow di ask fm saya :'(

Gara-gara ini saya jadi agak bad mood, dan jadi malas ikut USACO :b Setelah itu, saya coba bikin bottom-up-nya, dan tentunya bisa jalan :| Karena iseng, saya nyoba gonta-ganti angka magicnya. Saya kaget, karena ternyata lower bound yang saya kira itu salah! Buat input file saya, angka magicnya ternyata 11.  Di sini saya jadi bingung, entah harus sedih karena solusi saya ternyata salah atau senang karena emang gak bakal AC kalaupun gak stack overflow :P

Malamnya, saya ngobrol sama Evan. Dia ngasih tau solusi greedy yang dia pikir buat soal ke-4. Karena kelihatan keren, saya pikir awalnya itu optimal. Terus karena iseng, saya coba-coba bikin testcase random yang kecil-kecil. Entah hoki atau apa, secara tidak sengaja saya nemu counter case buat solusi greedy itu :|

Sampai detik ini, hasil Round 1 belum diumumin, semoga saja yang keluar yang terbaik buat semua yang mengikuti :) Saya sendiri gak terlalu mempermasalahkan bisa lolos atau nggak, karena dua-duanya menguntungkan bagi saya dengan caranya masing-masing :P

Sekian dulu ya~
Categories: ,

0 komentar:

Posting Komentar