Sabtu, 22 Maret 2014

Pelatnas 2 TOKI 2014 : First Week

Udah lama gak ngeblog nih, well, habis rasanya sibuk sama gak ada waktu sih #nyadarwoysekarangjugamasihbanyakkerjaan . Sekarang saya mau ngeshare pengalaman saya beberapa waktu yang lalu, sesuai judul, yakni Pelatnas.Postnya mau saya bikin 3 biji, wajar saya gak pinter ngerangkum --"

Yup, saya lolos Pelatnas 1 yang diadakan Oktober-November tahun lalu (berita bisa dibaca di sini), dan sebagai konsekuensinya saya bisa mengikuti Pelatnas 2 yang diadakan di ITS dari bulan lalu. Karena gap yang lama antara Pelatnas 1 dan Pelatnas 2 serta libur yang panjang, saya habiskan dengan sedikit nyicil materi-materi baru yang belum saya pelajari, tapi saya sendiri ujung-ujungnya berkutat di DP (Dynamic Programming) sih, habis demen sama tipe soal kayak gini, kan DP soalnya unyu :v

Well,intinya, mendekati Pelatnas 2 sebenarnya ada 2 hal yang saya nantikan, yakni surat undangan dan PJJ.Kenapa saya tau kapan Pelatnas dimulai bahkan sebelum suratnya datang? karena Salvian knows it all :v Seminggu(atau 2 minggu?) sebelum Pelatnas dimulai, ternyata diadakan PJJ, tapi gak dilaksanakan di Lx-Lxan.Ada 8 soal, tapi 2 hari udah selesai, padahal niatnya mau berkutat lebih lama lagi :( yaa tapi ada satu soal yang AC karena dibantu Evan sih (sembah Evan).

Menjelang Pelatnas, surat yang saya nanti-nanti belum datang juga! Padahal, saya berencana pergi hari sabtu, sementar sampai jum'at suratnya gak datang-datang.Apa boleh buat, mau gak mau minta temen seperjuangan nge-scan suratnya, siapin apa yang diperlukan bahkan sampai ngeprint hasil scan-an, minta tanda tangan sini situ, dan akhirnya serasa problem solved.Tinggal pergi.

Sabtu saya tiba di Surabaya sama bapak saya, karena berencana ziarah terlebih dahulu ke makam Almarhum kakek saya.Dan ternyata.. Juanda-Krian lumayan lama, atau karena rada macet atau emang biasanya begitu? entahlah -_- intinya, berlangsung seperti biasa saja, nothing special.Malamnya, ada TOKI Open Contest, berhubung udah lama banget gak ikut kontes, saya nyoba ikut, tapi apa daya karena telat start (lama di Galaxy Mall) dan server down di akhir, jadinya cuma bisa AC 3, padahal ada satu soal yang tinggal submit pasti AC --"

Besoknya,bapak saya cabut pagi-pagi banget ke Jakarta, apa daya jadi sendirian di Gardena (tempat tinggal kami selama Pelatnas 2 di Gardena Homestay).Untungnya Agus dateng pagi, nemenin saya di kamar (Gay mode : on).Semakin sore, semakin banyak peserta yang berdatangan, karena udah kenal dari Pelatnas 1 jadi yaa udah biasa lah ketemu mereka :v Tapi ternyata saya punya masalah.SPPD yang terlampir di surat undangan tidak bisa dari hasil print scan-an! Jadi mau gak mau saya harus kirim pos ke Bontang SPPD yang asli, supaya bisa ditandatangani, bikin repot aja :s untungnya Zamil juga nasibnya mirip kayak saya,SPPDnya kenapaa gitu, jadi intinya harus ngirim balik juga :v Malamnya, kami dipertemukan dengan beberapa asisten selama di ITS, serta foto-foto.Kemudian saya baru sadar, ada satu peserta yang tidak hadir, yakni Alvian.Entah kenapa dia tidak hadir, tapi rasanya janggal sekali :(

Foto Peserta di Gardena (Cowok semua, LOL)
Hari pertama,kami diperkenalkan lingkungan ITS.Untuk pertama kalinya saya bisa ketemu Pak Rully, Dosen ITS yang SPOJnya GG parah.Selain itu, hari ini diadakan pembukaan resmi Pelatnas 2, serta diberikan soal warming up.Warming upnya graph semua :s dari 300 point maksimal, saya cuma bisa dapet 150, cuma AC di soal yang cuma perlu Dijkstra's + DP doang, sama nilai parsial di soal lainnya --" intinya saya cupu abis lah hari itu --"

Materi week 1 Pelatnas 2 ini berhubungan dengan struktur data (yang soalnya biasanya "diberikan N query.."), materinya yakni:
  • Segment tree
  • BIT/Fenwick Tree
  • Multi-Dimensional Tree
  • Range Tree
  • Segment Array
  • Persistent Data Structure (tambahan)
Berhubung saya emang gak terlalu suka struktur data, apa daya tiap latian cupu parah, biasanya baru ngerti kalo udah nanya ke Agus atau Evan, parah dah pokoknya --" Untungnya, ujung-ujungnya saya bisa lumayan ngerti,sambil berharap semoga lambat laun bisa tambah ngerti.Oiya, minggu ini menurut saya lumayan balance yang ngajar, karena ada yang "luar biasa" (kak Irvin, baru kali ini saya fresh banget diajar orang) dan "memang luar biasa" (kak Gozali, materinya rapi sekali).Oiya, Pelatnas 2 ini ada kebiasaan baru saya tiap malam, yakni main di kamarnya Agus bareng MW juga, biasanya sih main map Warcraft yang TD atau nonton Digimon bareng :v Kapan belajarnya? Cuma Tuhan yang tahu.. ._. Selain itu, kami juga diberi kebebasan "Self-service" selama di ITS untuk membuat susu,kopi, teh dan sejenisnya bahkan meracik sesuka kami, suatu improvement yang menurut saya bagus, selain itu makanan kotakannya enak-enak, jauh lebih enak dari Pelatnas 1 :v

Hari Sabtunya, datang kuis pertama!
    Kuis 1 ini, saya dapet 267 dari 400 point, dan finish di tempat kelima.Mungkin aslinya bisa AC yang P2, seandainya aja gak mabok -__- yah, mau diapain juga, untungnya masih bisa rank 5, soalnya prediksi saya semua pada bisa direceh.Ya sudahlah, masih ada 2 minggu lagi untuk Shinka (lagi demen Digimon)

    Foto bareng kak Gozali sama Pak Diknas
    Malamnya, kami diajak makan di restoran Ayam tulang lunak, berhubung biasa dikasih makanan kotakan, yaa jadinya kalap lah liat makanan banyak dan luar biasa enak semua :s intinya, malam itu saya puas sekali, ditambah nyanyi-nyanyi di mobilnya Arianto :v

    Minggunya, kami dibawa ke East Coast Center buat makan-makan sama nonton film.Karena ternyata filmnya baru diputar sekitar 2 jam habis kami selesai makan, kami main dulu di game centernya ECC.Kami mengadakan turnamen Air Hockey, dan sialnya saya kalah sama Dayat, fffffffuuuuuu. Setelah itu ada satu momen yang masih bikin saya ketawa sampe sekarang, yakni pas main yang kayak uji kekuatan, itu loh yang kayak mukul sasaran latian tinju sekuat-kuatnya.Pas Tracy mukul, jadi kayak rusak, terus dibetulin mbak perugasnya.Habis itu Agus test drive, nyoba mukul, tapi salah ancang-ancang, jadinya kayak orang gak mukul, sumpah kocak abis.Habis itu, kami nonton film "Non-Stop" secara Non-Stop.Filmnya menurut saya bagus,antagonisnya lumayan unpredictable soalnya :v Setelah itu kami pulang, beristirahat sebelum dihajar materi lagi besoknya.

    Well, mungkin segini dulu yang bisa saya tulis, lanjutnya nunggu niat nulis lagi yaa :v

    Categories: ,

    0 komentar:

    Posting Komentar