Minggu, 12 Januari 2014

My Journey in Competitive Programming (Final)

Setelah sekian lama akhirnya mood nulis balik lagi :v karena itu, di post ini bakal saya habisin semua cerita perjalanan saya yang aneh ini :p

Di suatu hari yang biasa, saya melakukan aktivitas saya yang biasa sepulang sekolah, yaitu main komputer.Di facebook, muncul rumor kalau hasil OSN sudah keluar. Spontan saja tanpa pikir panjang saya ikuti link yang tertera, tanpa mikir kemunkinan itu jebmen, untung bukan :p Intinya, setelah saya lihat, saya lolos ke OSN! Langsung saja saya tereak-tereak di rumah (kampungan? masa bodo) . Tapi sayangnya, dari sekolah saya cuma saya yang lolos, walaupun dari Bontang ada 2 orang lagi yang lolos ke nasional, yakni Aji sama Sayoga di bidang fisika.

Tak lama kemudian, datang info kalau bagi bidang komputer, akan diadakan PJJ (Pelatihan Jarak Jauh) , dibimbing para alumni TOKI. Yowes, saya berharap dapet supervisor yang enak, untung kesampaian (Terimakasih kak Irfan :v). Intinya, hari-hari latihan dimulai, entah ini latihan atau siksaan saya tak tau, karena semakin maju di PJJ, semakin edan soal-soalnya, sampe saya pernah stres dan gak mood ngelanjutin lagi :( intinya, dari 8 bab resmi di PJJ (8 bab di Tokilearning.org), saya mentok di 6B, udah gak mood ngelanjutin lagi.Di sela-sela PJJ, saya juga mengikuti kontes Pra-OSN yang merupakan rangkaian PJJ, dan di setiap kontes saya rasa rank saya cukup bagus, sedikit memotivasi saya untuk mencapai target saya, yakni perak :)

Mendekati OSN, saya diinfokan sekolah kalau akan diadakan pelatda, yang akan dilaksanakan di jakarta oleh LOPI.Saya sih seneng-seneng aja ada kegiatan ini, minimal untuk kenalan sama temen-temen sekontingen :)) Saya pergi duluan ke sana sama bapak saya, karena pengen ikut kontes pra-OSN terakhir dengan kondisi fit (kalau ikut dinas, perginya pas kontes). Setelah kontes berakhir, malamnya ada pembukaan pelatihan, yang setelah berakhir waktunya saya manfaatkan untuk berkenalan dengan para peserta di bidang komputer, like Tico,Zaky,Dll yang bakal saya sebut nanti kalo sempet :p Oya, yang ikut pelatihan ini gak cuma kontingen Kaltim, ada juga kontingen dari propinsi lain.Selama pelatihan ini, saya sekamar sama anak kebumian dari Kalsel, yakni Madan.

Pelatihan ini polanya sama terus sih, kurang lebih:
Latihan-Snack-Bahas-Ishoma-Latihan-Snack-Bahas-Bebas-Materi
Apakah saya stres? nggak sih, yang ada semangat kalo latihan kecuali kalo siang, gak tau kenapa bawaannya ngatuk mulu kalo siang -_- Selama pelatihan ini, saya dapet materi baru yang berkaitan dengan graf,DP, dll yang sebenernya gak banyak kalo disebut, cuma males nulisnya :p Awal-awal latihan, kami para peserta masih kurang akrab, tapi karena mungkin saya anaknya gak bisa diem, lama-lama kami mulai berkenalan, sampe hari terakhir pas latihan teriak-teriak semua :p Tak terasa pelatihan berakhir, sebelum pembimbing kami pulang (Pak Anip dan Kak Basith) pulang, kami mengambil foto bersama:
Tengah bawah paling ganteng 8)



Selesai pelatihan, kami diantar oleh LOPI ke bandung.Pas sampe di hotelnya, ngeliat kontingen lain, kok rasanya keliatan dewa semua ya ._. yasudahlah, anyway, saya sekamar sama Zaky,Shandy,Putra,dan Imam. Zaky sama Shandy sama-sama dari kaltim,Putra dari bali, dan Imam dari lampung.Ketika hari pembukaan sekaligus practice session, karena suatu alasan, kami gak bisa ikut pembukaan di sabuga :( yasudah, jadinya langsung practice session.Soal practice sessionnya:
  1. Fractran (ad hoc,math)
  2. Menimbang & Mengurutkan (Sorting)
  3. Tukar-Tukar (gak tau ini soal apa -_-)
Secara keseluruhan, kalo gak salah nilai saya 120, tapi karena ini cuma practice session atau pembiasaan, kayaknya sih gak masalah.Malamnya, saya mau nyoba latihan, tapi males.Tiba-tiba dichat kak Irfan, dikasih tips ngerjain.Semuanya rasanya udah saya lakuin, tapi yang paling epic:
"Stay cool aja :v trus kalo ngetik ngebut & mencet keyboardnya kenceng, penting buat nakut-nakutin temen sebelah"
Yowes, saya coba saja ingat-ingat tipsnya. Dari semua anak kaltim, yang bener-bener gak ada belajar kayaknya cuma Tico, anak laknat itu malah asik main CS :v

Besoknya, kontes hari pertama dimulai.Let the game begins! Soalnya :
  1. Tebak himpunan (Interaktif)
  2. Berbaris sebelum masuk (greedy)
  3. Lipat kertas ( Ad hoc)
  4. Menggelindingkan kubus (BFS)
Skor saya untuk hari pertama 267, karena buntu di lipat kertas dan salah mahamin satu subtask di tebak himpunan -_- awalnya minder juga sih, pas pulang rasanya pada dapet nilai 300an semua :'( tapi,yasudahlah, yang sudah terjadi gak bisa diulang, mending main CS untuk melupakan semua penat di hari ini :v

Dengan sedikit semangat yang tersisa, kontes hari kedua dimulai, soalnya :
  1. Mengosongkan Matriks (Ad hoc)
  2. Kontes Menari (Complete search) 
  3. Cuti Liburan (DP)
  4. Pabrik kue (Interaktif,kreatif)
Skor hari ini malah lebih buruk lagi! gak ada yang AC, skor cuma 151 :'(  ada 2 hal jleb, yakni solusi ribet yang gak sempet saya buat untuk mengosongkan matriks ternyata bener, dan beberapa minggu kemudian saya bisa mengAC-kan soal cuti liburan :'( untuk soal pabrik kue, karena males, pake random, dengan nilai yang keikut random antara 1-5 :v

Esoknya, merupakan hari santai, semua peserta diantar ke Trans Studio Bandung. Berhubung saya udah pernah ke sana, jadinya ya.. gak terlalu tertarik sih, tapi ikutin aja :/ malamnya, beberapa anak kamar lain main ke kamar saya buat main DoTA, padahal yang jago di kamar saya kayaknya cuma Shandy sama Imam :p

 Keesokan harinya (lagi), merupakan hari penutupan. Kami semua diantar ke sabuga untuk penutupan. Di sana saya ketemu Eru (temen saya), dan diajak buat ketemu sama ortunya. yoweslah, setelah itu acara penutupan dimulai.Ketika pembacaan medali, saya sebenarnya merasa takut. "Bisa dapet medali gak ya? ", pikiran itu berkecamuk terus-menerus di kepala saya.Ketika pengumuman medali perunggu, nama Zaky disebut! Kemudian saya ingat, Zaky bilang skornya lebih rendah dari saya, kalau gitu saya dapet medali? "Semoga gak ada rejudge" pikir saya. Menjelang akhir perunggu komputer,nama saya disebut! Alhamdulillah, akhirnya bisa mendapat medali OSN :') Namun, yang saya tunggu-tunggu sebenarnya bukan cuma itu.Yang saya pikirkan adalah, Tico dapet medali apa? Sekedar info, Tico mendapat skor sempurna untuk hari pertama dan 200 untuk hari kedua, jadi kemungkinannya mendapat emas sangat besar.Dan ternyata.. dia memang dapat emas! Setelah itu, kami berfoto di bagian atas sabuga :
Richard(Math),Tico,Saya,Zaky
Foto kontingen kaltim -(beberapa yang ngilang entah ke mana)

 Note:Yang punya foto, maaf saya ngambil tanpa izin :(

Sekalian penutup, saya mau nambahin beberapa hal.Saya berasal dari Bontang, sebuah kota kecil di Kaltim.Di Bontang, saya kesulitan mencari pelatih, berhubung bidang ini cukup jarang.Apakah hal ini membuat saya tidak bisa bersaing? Tidak! Saya ngotot. Saya selalu berusaha agar bisa meraih yang saya impikan. Tidak ada pelatih, bukan berarti saya tidak bisa.Saya selalu mencari materi sendiri selama bisa, jika tidak baru saya tanyakan.Dan buktinya, dengan cara ini saya bisa meraih medali di OSN, walaupun mungkin saya bukan siapa-siapa. Kesimpulannya, semua bisa menjadi juara, tak peduli bagaimanapun kondisinya, pertanyaannya cuma "Seberapa ngotot kah anda?" :)
 
Categories: ,

2 komentar:

  1. asem yaz. bacanya ketawa mampus. ujung-ujungnya terharu *tetot
    keren yaz.. pengen banget kayak gitu. tahun ini kususul (mudah-mudahan) *amiiin hihi

    BalasHapus
  2. ahaha,itu juga nulis seadanya doang kok :p amin

    BalasHapus